PRP Treatment Menggunakan Darah Sendiri

PRP Treatment Menggunakan Darah Sendiri

Apa PRP treatment itu? Benarkah perawatan ini menggunakan darah sendiri? Kalau saat ini kamu sedang pusing dengan beberapa permasalahan kulit seperti muncul kerutan, garis halus, punya bekas jerawat, atau bahkan mengalami kerontokan rambut dan saat ini sedang mencari solusinya. Ternyata perawatan plasma darah ini bisa menjadi solusinya loh!

Kenalan Yuk Sama PRP Treatment!

Platelet Rich Plasma merupakan prosedur kecantikan dimana dilakukan dengan menyuntikkan plasma darah sendiri yang sudah mengandung trombosit tinggi. Manfaat perawatan adalah meremajakan kulit dan mendukung pertumbuhan rambut.

Dengan menggunakan darah sendiri bisa mengatasi beberapa kondisi kulit diantaranya mengatasi tanda penuaan pada kulit wajah, bahkan sampai mengatasi kerontokan rambut. Memang prosedur ini terdengar menakutkan, tetapi kenyataannya prosedur ini bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih selama satu jam loh. Jadi, gak usah takut lagi ya menjalani perawatan yang satu ini!

Dan memang benar, perawatan ini memang menggunakan plasma tubuh sendiri supaya dapat merangsang dan mendukung proses penyembuhan secara alami, pembaharuan, dan bertumbuhnya sel.

Darah dipilih dalam perawatan ini, karena seperti yang kita tahu darah manusia memiliki empat elemen penting yaitu plasma, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Nah trombosit menjadi salah satu faktor proses pertumbuhan dalam penyembuhan luka dan cedera, juga mendukung proses terbentuknya pembekuan darah.

Jadi, PRP yang mengandung darah sendiri akan diolah supaya trombosit dalam plasma akan terkonsentrasikan sehingga 5 – 10 kali lebih kuat bila dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, perawatan ini mengandung sitokin aktif dalam proses penyembuhan jaringan lunak.

Perawatan ini dianggap cukup alami, cukup aman dijalani oleh pasien, dan tidak menyebabkan alergi. Baiknya lagi, karena menggunakan darah sendiri, maka tingkat penerimaan oleh tubuh pun semakin tinggi.

Tujuan PRP Treatment

Tujuan dari suntikan PRP adalah untuk memanfaatkan potensi penyembuhan tubuh sendiri dengan menggunakan platelet-rich plasma (PRP), yang diperoleh dari darah pasien. Para peneliti sedang menguji suntikan PRP dalam berbagai aplikasi, termasuk:

  1. Mengatasi rambut rontok: Suntikan PRP ke kulit kepala telah digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok, terutama pada kondisi seperti alopecia androgenik.
  2. Mengobati cedera tendon: PRP digunakan untuk mengatasi masalah tendon kronis, seperti tennis elbow, tendonitis Achilles, dan jumper’s knee, yang dapat menyebabkan nyeri pada tendon patella.
  3. Merespon cedera akut: Suntikan PRP digunakan dalam pengobatan cedera olahraga akut, seperti otot hamstring yang terkoyak atau keseleo lutut.
  4. Perbaikan pasca bedah: Dokter menggunakan suntikan PRP setelah operasi untuk memperbaiki tendon atau ligamen yang robek.
  5. Mengobati osteoartritis: Suntikan PRP di lutut dapat membantu mengurangi gejala osteoartritis. Sebuah studi menemukan bahwa suntikan PRP lebih efektif daripada terapi tradisional dengan asam hialuronat. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

Apa Saja Manfaat PRP Treatment Ini?

PRP Treatment ini memiliki banyak sekali manfaatnya loh. Salah satunya adalah meremajakan kulit wajah sehingga kulit menjadi tampak mulus dan awet muda. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari perawatan ini yaitu dapat mengatasi garis halus, mengatasi kerutan, meningkatkan warna dan tekstur kulit, membuat kulit lebih kencang, mengatasi kerutan di kulit, mendukung proses pertumbuhan serat kolagen yang baru, memperbaiki bekas jerawat di wajah, dan mengatasi kerontokan rambut.

Bagaimana Prosedurnya Dilakukan?

Walaupun perawatan ini dilakukan oleh dokter atau ahli terkait, kita sebagai pasien juga perlu mengetahui prosedurnya dengan baik. Perawatan satu ini cukup sederhana dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Awalnya, darah akan diambil. Biasanya pada area dalam lengan atau area tubuh yang memiliki berat berlebihan seperti paha bagian dalam. Selanjutnya, darah akan dimasukkan ke dalam mesin pemutar dan akan melalui beberapa siklus putaran dalam beberapa menit. Hal ini dilakukan supaya trombosit dan komponen lain bisa terpisah dari darah. Kemudian, kulit yang akan disuntik akan lebih dulu menjalani anestesi agar kulit pasien terasa kebas. Baru, darah yang sudah diolah akan disuntikkan kembali ke aliran darah pada titik-titik area perawatan.

Biasanya setelah menjalani perawatan yang satu ini, pasien boleh melakukan aktivitas seperti biasa. Tetapi, pada 10 – 15 menit pertama, pasien akan diminta untuk memastikan apakah ada efek samping yang muncul atau tidak.

Itulah penjelasan tentang PRP. Apabila kamu tertarik untuk mengatasi permasalahan kerutan, garis halus, bekas jerawat, bahkan sampai masalah kerontokan rambut, bisa langsung menjalani perawatan di D’elegance Clinic sekarang juga. Konsultasi aja dulu sekarang!

Artikel ini sudah di review:
dr. Malvin Jonathan

WA Delegance Clinic