5 Penyebab Kantung Mata Bengkak, Yuk Cek Cara Mengatasinya!

penyebab kantung mata bengkak cek disini

Penyebab Kantung Mata Bengkak, Yuk Cek Cara Mengatasinya! Cobalah berkaca dan lihat apakah kamu memiliki kantung mata bengkak di area sekitar mata? Bengkak pada mata disebabkan oleh beberapa hal.

Pada dasarnya, pembengkakan pada area mata disebabkan oleh penumpukan cairan yang berlebih di area kelopak mata atau jaringan penghubung di area sekitar mata. Kondisi tersebut muncul akibat munculnya beberapa macam penyakit, diantaranya konjungtivitas, hingga seluloid orbital.

Penyebab Kantung Mata Bengkak

penyebab kantung mata bengkak
penyebab kantung mata bengkak

1. Konjungtivitis

Penyebab pertama terjadinya pembengkakan kantung mata ialah konjungtivitis. Penyebab paling umum yang ditandai dengan gejala seperti mata yang memerah, berarir, belekan, dan juga gatal. Mengapa konjungtivitis bisa terjadi? Umunya terjadi karena infeksi virus atau bakteri, juga iritasi yang disebabkan oleh penggunaan produk perawatan tertentu (misalnya sampo).

2. Alergi

Penyebab kantung mata bengkak pada area mata juga bisa disebabkan karena alergi. Mata yang bengkak sebagai salah satu gejala ketika kontak langsung dengan zat yang menjadi penyebab alergi, misalnya saja serbuk sari dan debu, juga makanan serta obat-obatan tertentu.

Alergi juga ditandai dengan gejala bersin, mata terasa gatal, hidung tersumbat, serta bibir dan wajah yang membengkak hingga sesak napas. Alergi tersebut muncul ketika kambuh, tapi tidak selalu juga, dan juga kadang muncul satu atau beberapa gejala saja.

3. Blefaritis

Biasanya ditandai dengan pembengkakan pada area kelopak mata, juga mata yang memerah, berarir, gatal, dan mengganjal. Penyebabnya memang tidak diketahui, tapi dapat dipacu oleh dermatitis seboroik, kelenjar minyak yang mengalami sumbatan pada area kelopak mata, infeksi, serta adanya kutu di area bulu mata.

4. Selulitis obita

Selulitis Orbita adalah infeksi pada jaringan di sekitar rongga bola mata yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Kondisi ini lebih umum terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa.

Pembengkakan area mata disertai dengan mata yang memerah, rasa nyeri ketika menggerakkan bola mata. Sering terjadi pada usia anak dan bila tidak ditangani dengan tepat dapat mengalami kebutaan.

Penyebab Kantung Mata Bengkak lainnya

Pembengkakan pada kantung mata juga bisa disebabkan oleh gejala kista, gigitan serangga, bintitan, cedera, serta penyakit graves.

Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak

  1. Kompres mata yang mengalami pembengkakan dengan menggunakan kain yang direndam sebelumnya di dalam air dingin. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan menempelkan kantung kompres yang berisi es, atau juga bisa menggunakan kantung teh yang dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Lakukan selama lima belas menit. Untuk kasus bengkak yang disebabkan oleh kista dan bintitan gunakan  kompres hangat sebanyak empat sampai dengan lima kali sehari. Fungsinya untuk membuat kelenjar minyak yang mengalami penyumbatan.
  2. Bilas mata dengan larutan air garam apabila kamu mengalami mata bengkak dan berair. Garam memiliki sifat antimikroba mampu meredakan pembengkakan area kantung mata karena infeksi. Pastikan kamu menggunakan larutan air garam yang dibeli di apotek dimana terjamin kebersihannya. Hal ini karena, air larutan garam yang kurang bersih untuk mencuci mata akan berisiko memicu iritasi dan infeksi pada area mata.
  3. Gunakan obat tetes mata dengan kandungan antihistamin (bisa dibeli di apotek). Apabila alergi yang terjadi pada kantung mata parah, kamu perlu melakukan konsultasi langsung dari dokter ahli atau obat mata bengkak berdasarkan resep dokter.
  4. Hindari menyentuh atau menggosok area mata dengan tangan
  5. Lepas lensa kontak dengan catatan harus mencuci tangan terlebih
  6. Hindari aktivitas yang berisiko sebabkan cedera bagian area mata hingga membuat pembengkakan semakin parah

Beberapa cara sederhana di atas bisa kamu lakukan untuk mengatasi kantung mata bengkak. Namun, disarankan untuk mengunjungi dokter apabila pembengkakan pada nata tak kunjung membaik, disertai gejala seperti nyeri, pandangan kabur, muncul bintik yang melayang ketika melihat, dan mata terasa mengganjal.

Untuk konsultasi lebih lanjut, kamu bisa langsung kunjungi D’elegance Clinic yang berada di daerah Tebet, Jakarta. Klinik kecantikan yang ditangani langsung oleh dokter profesional dan berpengalaman, juga dilengkapi dengan alat medis yang canggih. Mau konsultasi mata bengkak? Klik link disini!

WA Delegance Clinic