Inilah Beberapa Penyebab Kelopak Mata Kendur!

Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Penyebab kelopak mata kendur itu apa saja sih? Kadang kita merasa kurang percaya diri dengan tampilan kelopak mata yang mulai mengendur. Kulit yang mulai mengendur disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktor yang paling umum adalah pertambahan usia. Karena seiring bertambahnya usia, kulit akan mulai mengendur. Kondisi ini menyebabkan sebagian orang kehilangan rasa percaya diri. Rasanya tak heran kalau banyak orang yang memutuskan untuk menjalani tindakan tertentu supaya masalah kulit mengendur ini mulai teratasi.

Penyebab Kelopak Mata Kendur

Penyebab kelopak mata kendur biasanya disebut dengan istilah ptosis. Ptosis ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari pertambahan usia, gangguan medis tertentu, sampai dengan trauma. Bila hanya memengaruhi satu mata saja maka disebut dengan ptosis unilateral. Sedangkan memengaruhi keduanya disebut ptosis bilateral.

Ptosis mungkin bisa saja hilang dengan sendirinya, tetapi bisa juga bersifat permanen. Atau bisa juga dikatakan sebagai ptosis bawaan kalau muncul sejak lahir. Kondisi mengendurnya kelopak mata menyebabkan penglihatan terganggu apalagi kalau tingkat keparahannya sudah tinggi. Ketika sudah mengganggu penglihatan, maka sudah seharusnya diperbaiki.

Kelopak mata kendur bisa dialami oleh siapa pun, baik itu laki-laki atau perempuan. Namun, umumnya terjadi pada kaum dewasa yang berusia lebuh tua, ya penyebabnya adalah pertambahan usia. Lebih jelasnya, otot levator memiliki tugas untuk mengangkat kelopak mata. Akan tetapi, seiring bertambah usia, otot mulai merenggang sehingga menyebabkan kelopak mata menjadi jatuh atau mengendur.

Selain itu, ptosis juga bisa terjadi pada anak yang baru lahir dimana disebabkan karena cedera atau bawaan sejak lahir. Tapi umumnya terjadi karena otot levator tidak berkembang sempurna. Akibatnya, anak-anak akan mengalami ambliopia atau mata malas. Kondisi ini menyebabkan penglihatan menjadi terbatas.

Selain itu, ptosis juga disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Ketika mata mulai terkulai, maka bisa menjadi sebuah tanda kalau kelopak mata bermasalah. Bila yang terkulai kelopak salah satu maka, kemungkinan disebabkan terjadinya bintil sementara atau saraf. Biasanya terjadi pasca tindakan klasik rutin atau operasi katarak dimana menjadi pemicu berkembangnya ptosis sehingga tendon atau otot mulai merenggang.

Selain itu, mata mengendur juga disebabkan oleh kondisi yang jauh lebih serius. Misalnya kanker saraf atau otot, stroke, gangguan neurologis yang memengaruhi saraf  atau otot (miastenia gravis), dan tumor otak.

Adakah gejala kelopak mata mulai mengendur? Gejalanya antara lain mengendurnya satu atau kedua kelopak mata. Bahkan terkadang memengaruhi daya penglihatan, kemungkinan perlu memiringkan kepala supaya dapat melihat dan berbicara ketika mengalami ptosis parah. Atau bisa juga ketiganya tidak tampak sama sekali. Gejala lainnya mata terasa kering atau bahkan berair, wajah tampak terlihat lelah, muncul rasa sakit di sekitar mata.

Solusi Atasi Kelopak Mata Mengendur

Apakah kamu mengalami kelopak mata mengendur? Kalau iya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan melakukan pengecekan untuk mengetahui penyebab kelopak mata, apakah bawaan sejak lahir dan mengganggu penglihatan atau tidak?

Apabila dirasa mengganggu, biasanya dokter akan menyarankan untuk menggunakan kaca mata. Atau bisa juga dengan menjalani operasi kelopak mata.

Bagaimana, apakah saat ini kamu sudah mengetahui penyebab kelopak mata kendur? Kalau saat ini kamu mengalami kelopak mata mengendur, bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Biasanya dokter akan merekomendasikan tindakan terbaik untuk mengatasi kelopak mata mengendur. Yuk konsultasikan permasalahan kelopak matamu dengan dokter di D’elegance Clinic!

WA Delegance Clinic