Yuk Kenali Tipe Kulit mu Sekarang!

Yuk Kenali Tipe Kulitmu Sekarang!

Yuk kenali tipe kulitmu dengan tepat! Kulit wajah yang bersih dan juga sehat merupakan impian semua orang, khususnya perempuan. Dan untuk mendapatkannya, kamu perlu melalukan perawatan wajah secara rutin terlebih dahulu. Nah, sebelum menjalani perawatan wajah tersebut, kamu perlu mengenali terlebih dahulu tipe kulitmu. Hal ini dikarenakan berbeda tipe kulit, maka beda pula produk dan perawatan yang dilakukan.

Yuk Kenali Tipe Kulitmu

Ada empat tipe yang perlu kamu ketahui, diantaranya :

Tipe kulit kering ini ditandai dengan karakteristiknya yang mudah mengelupas dan tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Ciri kulit kering antara lain memiliki pori kulit yang tak terlihat, permukaan kulit pun tampak kasar juga kusam, kulit pun kurang elastis.

Umumnya, tipe kulit ini disebabkan oleh rendahnya tingkat kelembapan lapisan kulit yang paling luar, sehingga kulit wajah mudah pecah dan retak. Selain itu juga disebabkan oleh usia, hormon, cuaca dingin, genetik, paparan sinar UV, efek samping penggunaan obat, serta penggunaan kosmetik dan perawatan wajah.

Perawatan wajah untuk tipe kulit ini sebaiknya memilih pembersih wajah yang mampu melembapkan dengan kandungan emolien dan menghindari produk berbahan pewangi dan alkohol. Kemudian, bisa juga menggunakan pelembab.

Tipe ini ialah karakteristik kulit yang menghasilkan terlalu banyak sebum atau minyak alami yang melapisi kulit atau rambut. Sebenarnya, sebum dapat melindungi kulit juga melembapkan, akan tetapi sebum yang berlebihan karena dipengaruhi oleh hormon, stres, dan genetik, menyebabkan kulit menjadi berminyak dan tersumbatnya pori-pori.

Cirinya antara lain kulit berminyak, pori-pori besar, kulit tampak kusam tetapi berkilau karena minyak, lalu adanya komedo, jerawat, dan noda hitam.

Perawatan wajah tipe kulit berminyak dengan mencuci wajah dengan sabun cuci wajah yang berbahan gliserin. Setelah itu, menggunakan toner atau astringent yang memiliki kandungan benzoil peroksida, asam salsilat dan glikolat. Pilihlah kosmetik mengandung air dan non-komedogenik agar pori tidak menyumbat.

Untuk menghilangkan minyak pada wajah yang berlebih, bisa juga menggunakan kertas minyak. Dan sebaiknya atur pola makan yaitu hindari makan gorengan, fastfood, dan makanan berdasar gula tinggi.

 Untuk tipe kulit ini berada diantara kulit berminyak ketika cuaca panas dan kering ketika cuaca dingin. Ditandai dengan tipe kulit berminyak di zona T pada wajah yaitu dahi, hidung, dan dagu. Kemudian tipe kulit kering pada area pipi.

Untuk kulit kombinasi, cara perawatannya menggunakan produk perawatan yang memang khusus untuk tipe kombinasi, dimana mampu mengurangi kadar minyak di area T zone serta melembapkan area pipi. Hindari menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung asam salsilat, benzoil peroksida, dan alkohol karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Seperti namanya, tipe kulit ini mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebih terhadap berbagai faktor seperti udara atau bahan kimia. Kulit yang sensitif biasanya mudah terkelupas, terasa gatal, kering, berwarna kemerahan dan muncul breakout pada saat sensitif.

Sebelum mulai merawat kulit, sebaiknya cari tahu lebih dulu penyebab muncul iritasi dan alergi. Untuk membersihkan wajah, gunakanlah sabun yang berbahan lembut dan membilas nya dengan air hangat, tetapi jangan menggosok wajah terlalu kencang. Sebaiknya pilihlah produk perawatan yang mengandung chamomile, teh hijau, polifemos, gandum, dan lidah buaya.

Yuk kenali tipe kulitmu agar bisa lebih tepat melakukan perawatan wajah. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung menemui dokter kecantikan di D Elegance Clinic.

WA Delegance Clinic