Mengenal Operasi Bedah Plastik di Indonesia

Mengenal Operasi Bedah Plastik di Indonesia

Operasi bedah plastik menjadi perbincangan banyak orang, termasuk juga masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, bedah plastik mulai sering disebut ketika beberapa public figure memutuskan untuk menjalani tindakan bedah plastik untuk menunjang penampilannya. Benarkah tindakan bedah plastik bisa memperbaiki penampilan mulai dari wajah sampai seluruh tubuh? Dan bagaimana sejarah masuknya bedah plastik tersebut?

Apa itu Operasi Bedah Plastik?

Biasanya orang ketika mendengar istilah operasi plastik, maka akan dikaitkan dengan mengubah bentuk tubuh sesuai dengan keinginan secara ekstrim. Akan tetapi, kenyataannya operasi plastic tidak hanya memperbaiki bentuk tubuh saja untuk tujuan estetika saja, tetapi juga untuk tujuan kosntruktif. Misalnya area tubuh yang mengalami kerusakan atau cacat akibat kondisi tertentu seperti luka bakar, penyakit bawaan, atau tumor.

Jadi, operasi plastik adalah salah satu metode atau prosedur kecantikan yang tujuannya untuk memperbaiki bentuk wajah supaya tampak lebih proporsional. Atau bisa juga untuk tujuan rekonstruksi area tertentu dimana disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Ada beberapa area wajah yang bisa dilakukan perbaikan melalui prosedur operasi plastik dengan tujuan memperbaiki penampilan pasien antara lain : hidung, kelopak mata, bibir, dagu, dan rahang. Hal ini disesuaikan dengan kondisi kesehatan atau permasalahan pasien.

Baca juga: Fat Transfer Payudara: Solusi Membesarkan Payudara

Sejarah Operasi Bedah Plastik Modern

Perkembangan bedah plastik modern sejak tahun 1980-an mencerminkan kemajuan teknologi, peningkatan keselamatan dan efektivitas, serta pengaruh budaya pop dan selebriti yang telah membuat operasi plastik lebih diterima secara luas. Selebriti memainkan peran besar dalam popularitas dan penerimaan sosial dari prosedur ini, menjadikan bedah plastik tidak hanya sebagai solusi medis tetapi juga alat untuk peningkatan estetika dan peremajaan diri.

Tahun 1980-an melihat peningkatan minat pada operasi plastik kosmetik di kalangan masyarakat umum. Prosedur yang sebelumnya dianggap eksklusif untuk orang kaya mulai diakses oleh lebih banyak orang.

Baca juga: Apa Itu Operasi Rhinoplasty? Apakah Benar Bisa Memperbaiki Bentuk Hidung?

Sejarah Operasi Bedah Plastik di Indonesia

Tindakan bedah plastik diawali dengan masuknyailmu pengetahuan medis yangberasal dari Barat. Mulanya, operasi plastik ditujukan untuk memperbaikikulit bagi korban perang yang mengalami luka bakar. Pengetahuan bedah plastik dibawa oleh ahli bedah Austro-Hungaria, tujuankedatangan mereka karena bergabung bersama Korps Medis Angkatan Darat usai Perang Dunia I. Karenamereka melakukan operasi pada korban perang dunia. Saatitu kasus yang banyak ditemui pada adalah kerusakan di area wajah, luka bakar, bibir sumbing, sampai kanker kulit.

Selanjutnya, operasi plastik mulai dikembangkan oleh Profesor MoenadjatWiraatmadja. Ia lulus sebagai ahli bedah dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ditahun 1958. Lalu pada akhir 1958, tim bedah plastik RSCM yang terdiri dari dr. Sidik Setiamihardja, dr. Chaula L. Sukasahdandr. Gentur Sudjatmikomengawali kasus bedah mikro yang pertama, termasuk replantasi tungkai bagian atas mayor pertama danfreeflapyang pertama pula.

D’Elegance Clinic: Klinik Operasi Bedah Plastik di Jakarta

Kamu memiliki permasalahan kulit atau tertarik untuk menjalani tidakan bedah plastik? Sebaiknya kamu mencari klinik kecantikan yang aman dan terpercaya dimana ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman dan professional. Salah satu klinik kecantikan yang bisa menjadi pilihan adalah D’elegance Clinic.

D’elegance Clinic adalah salah satu klinik kecantikan yang memiliki dokter yang berpengalaman. Dokter bedah plastik yang menangani pasien merupakan lulusan kampus terbaik yaitu UI dan UNAIR. Karena ini pasien tidak perlu khawatir mengenai hasil dan risiko yang mungkin akan muncul. Selama ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman maka hasilnya pun akan optimal dan minim risiko. Beberapa perawatan yang cukup banyak diminati di klinik kecantikan ini adalah liposuction, rhinoplasty, dan lain sebagainya.

Apakah kamu sudah mengetahui tentang sejarah masuknya operasi bedah plastik di Indonesia? Lalu apakah kamu tertearik menjalani tindakan bedah plastik, tetapi masih bingung mencari klinik kecantikan yang tepat? Tenang, D’Elegance Clinic bisa menjadi salah satu solusinya loh! Karena D’elegance Clinic adalah salah satu klinik kecantikan yang memiliki dokter yang berpengalaman. Yuk konsultasikan kondisi kulitmu dengan dokter di D’elegance Clinic! Klik link disini!

Artikel ini sudah di review:
dr. Hendri Andreas Sp.BP-RE

WA Delegance Clinic