4 Treatment Menghilangkan Flek Hitam Wajah - D'elegance Clinic

4 Treatment Menghilangkan Flek Hitam Wajah

4 Treatment Menghilangkan Flek Hitam Wajah

Treatment menghilangkan flek hitam, memangnya ada? Tentu saja ada. Setidaknya ada 4 treatment yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam. Simak penjelasannya di bawah ini!

Flek hitam di kulit atau biasa disebut dengan hiperpigmentasi ini terjadi karena kulit menghasilkan melanin yang lebih daripada biasanya. Sebenarnya, flek hitam pada kulit bukanlah suatu hal yang memprihatinkan. Namun, ada sebagian orang yang ingin melakukan treatment menghilangkan flek ini dengan tujuan mendapatkan penampilan yang lebih baik lagi.

Flek hitam ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam yang biasanya sering muncul di area sekitar hidung dan pipi. Bintik-bintik tersebut dinamakan sunspot apabila muncul karena paparan sinar UV dan age spot akibat penuaan dini. Bentuknya sangat kecil dan terlihat berkelompok. Akan tetapi tidak menyebabkan rasa gatal, perih, dan nyeri.

Umumnya, flek hitam ini disebabkan karena penambahan usia kulit, paparan sinar UV yang berlebihan, bekas jerawat, atau juga bisa karena perubahan hormon. Nah, untuk mengatasi flek hitam tersebut, ada beberapa treatment yang bisa kamu jalani.

Treatment Menghilangkan Flek Hitam

Salah satu pilihan untuk bisa mengatasi flek hitam ialah dengan laser treatment yaitu menggunakan intense pulse light laser. Laser berfungsi untuk memecah bintik-bintik gelap di wajah menggunakan energi cahaya yang terkonsentrasi,  juga menghilangkan lapisan demi lapisan. Atau bisa dibilang, laser ini berfungsi membakar lapisan kulit yang menggelap.

Laser treatment ini direkomendasikan untuk jenis kulit yang jauh lebih ringan, tapi bila kamu memiliki kulit yang sensitif atau berwarna lebih gelap, sebaiknya gunakan treatment lainnya ya.

Treatment lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi flek hitam ialah mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi ialah perawatan yang menggunakan partikel yang sangat kecil dimana fungsinya mengangkat sel kulit mati. Perawatan ini membantu pertumbuhan kolagen baru yang dapat meminimalkan bintik-bintik.

Treatment lainnya ialah pengelupasan kimia atau yang biasa dikenal dengan sebutan chemical peeling yang dilakukan dengan proses pengelupasan area permukaan kulit yang akan menumbuhkan jaringan kulit baru sehingga semakin lama flek hitam akan memudar.

Efek samping yang kemungkinan terjadi ialah berubahnya warna kulit, muncul jaringan parut, dan alergi.

Cryotheraphy ialah salah satu prosedur yang dilakukan dengan mengaplikasikan nitrogen cair pada area kulit yang ada flek hitamnya untuk memberikannya. Prosesnya dengan cara melukai sel kulit, tapi setelah itu kulit akan sembuh.

Mencegah Munculnya Flek Hitam

Nah, buat kamu yang tidak ingin memiliki flek hitam di kulit wajah, bisa lakukan beberapa hal yang bisa mencegah munculnya flek hitam. Karena menghindari rusaknya kulit sejak dini akan menjadi solusi terbaik. Atau kamu bisa menjaga kulit dari masalah terburuk setelah melakukan treatment mengatasi flek dengan melakukan beberapa hal diantaranya:

  1. Menggunakan krim SPF atau tabir surya tiap dua jam atau lebih jika kamu sering berkeringat atau melakukan olahraga renang;
  2. Menghindari paparan sinar UV ketika waktu terik, Biasanya antara jam 10.00 – 14.00;
  3. Menutupi kulit ketika berada di luar ruangan.
  4. Mencegah munculnya flek hitam ialah dengan melindungi kulit dari sinar matahari. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan produk yang mengandung zina oxide dan titanium dioksida yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Apabila kamu ingin melakukan treatment menghilangkan flek hitam, bisa langsung datang ke D Elegance Clinic. Lakukan konsultasi dengan dokter mengenai masalah kulitmu agar dokter bisa memberikan solusi yang tepat. Dokter D Elegance Clinic telah berpengalaman melakukan treatment kecantikan sehingga akan memberikan hasil yang maksimal.