Treatment Mesoterapi: Pengertian, Manfaat, dan Prosedur

Treatment Mesoterapi

Apa itu treatment mesoterapi di dunia kecantikan? Ada begitu banyak permasalahan kulit wajah yang dialami oleh semua orang. Tidak hanya kaum perempuan saja yang mencemaskan soal penampilan, tetapi kaum laki-laki pun juga sangat memerhatikan penampilan mereka.

Salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh banyak orang adalah kulit wajah yang mulai mengendur. Kalau saat ini kamu sedang mengalami masalah yang sama, mungkin perawatan ini bisa menjadi solusinya!

Apa Itu Treatment Mesoterapi?

Salah satu prosedur kecantikan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang mulai mengendur adalah mesoterapi. Mesoterapi adalah salah satu perawatan wajan non bedah yang dilakukan untuk membuat kulit wajah lebih kencang dan menghilangkan lemak yang berlebihan pada area tertentu.

Mesoterapi adalah prosedur medis yang melibatkan penyuntikan zat aktif seperti vitamin, mineral, asam amino, enzim, atau bahan-bahan lainnya ke dalam kulit di area yang membutuhkan perawatan. Ini adalah metode yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan tubuh, termasuk penuaan, kekencangan kulit, penampilan selulit, rambut rontok, dan bahkan penurunan berat badan.

Manfaat Treatment Mesoterapi

Apa sih manfaat dari perawatan mesoterapi ini? Kebanyakan orang mengatakan bila mesoterapi sama dengan suntik kurus. Tetapi faktanya, keduanya berbeda satu sama lain. Mesoterapi memang dapat mengurangi lemak yang berlebihan pada area tubuh tertentu, tetapi tidak sama dengan suntik kurus.

Untuk tujuan dari mesoterapi sendiri awalnya untuk mengobati penyakit. Akan tetapi, seiring berjalan waktu digunakan untuk kepentingan estetika atau kecantikan. Beberapa tujuan dari mesoterapi diantaranya:

Bagaimana Prosedur Treatment Mesoterapi?

Setelah mengetahui metode mesoterapi, kali ini kita akan membahas bagaimana prosedur mesoterapi dilakukan. Mesoterapi dilakukan dengan menyuntikan cairan ke jaringan lemak subkutan pada area tubuh yang ingin dilakukan tindakan. Kandungan cairan terdiri dari campuran zat khusus dimana disesuaikan dengan tujuan metode ini. Biasanya terdiri dari enzim, ekstrak tanaman, vitamin, vasodilator, dan obat khusus seperti NSAID.

Setelah melakukan konsultasi dengan dokter kecantikan, pasien akan diberikan bius lokal dimana dilakukan dengan cara dioleskan pada area yang akan dilakukan tindakan. Baru kemudian dokter akan memasukkan zat ke dalam jaringan kulit menggunakan jarum suntik khusus. Jarum akan dipasang di sebuah mesin yang akan memberikan banyak suntikan.

Biasanya proses penyuntikan dilakukan pada area leher, tangan, wajah, lebar, dada, ataupun area tubuh yang memiliki stretch mark. Proses penyuntikan dilakukan dengan kedalaman yang berbeda-beda dari satu sampai dengan empat milimeter ke dalam kulit.

Selain menggunakan media jarum, mesoterapi juga bisa dilakukan tanpa menggunakan jarum, yaitu dengan menggunakan electrophoresis. Electrophoresis adalah sebuah alat yang dapat membantu membuka saluran pada pori-pori kulit. Kemudian, cairan akan dimasukkan ke dalam lapisan kulit yang pori-pori nya sudah terbuka.

Sebelum menjalani prosedur mesoterapi ini sebaiknya pasien menghindari mengonsumsi obat anti nyeri kurang lebih selama satu minggu sebelum tindakan. Hal ini karena obat anti nyeri memicu terjadinya pendarahan atau luka ketika menjalani mesoterapi. Dan untuk hasil yang maksimal, dibutuhkan perawatan berkelanjutan atau setidaknya membutuhkan perawatan pengulangan 3 – 15 kali dengan jeda waktu 2 minggu. Lalu untuk masa pemulihan, pasien bisa langsung melakukan aktivitas seperti biasanya, tetapi sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang berat dalam beberapa hari.

Jadi, itulah penjelasan tentang apa itu mesoterapi. Apabila saat ini kamu ingin mengatasi masalah kulit wajah kamu yang mulai mengendur, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter supaya dapat direkomendasikan perawatan wajah apa yang paling tepat untuk kamu. Yuk atasi permasalahan kulit yang mulai mengendur di D’Elegance Clinic. Mau konsultasi mesoterapi? Konsultasi sekarang, klik link disni!

Artikel ini sudah di review:

dr. Hendri Andreas Sp.BP-RE

WA Delegance Clinic