Yuk Mengenal Tentang Dokter Spesialis Bedah Plastik!!!

Yuk Mengenal Tentang Dokter Spesialis Bedah Plastik!!!

Yuk kita mengenal dokter spesialis bedah plastik! Apa sih yang kamu pikirkan tentang dokter bedah plastik? Apakah dia adalah seseorang yang mengubah wajah seseorang menjadi wajah milik orang lain? Bedah plastik ialah salah satu cabang ilmu kedokteran yang fokusnya ada pada perbaikan jaringan atau kulit yang cacat atau rusak akibat kondisi tertentu, semisal tumor, luka bakar, kecelakaan, dan penyakit bawaan sejak lahir. Selain itu, bedah plastik juga sering digunakan untuk merekonstruksi bagian tubuh agar terlihat lebih menarik.

Lalu, apakah dokter spesialis bedah plastik memiliki spesialisasi dan kondisi bagaimana  yang membutuhkan profesi ini? Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Dokter Spesialis Bedah Plastik

Tahukah kamu bila dokter bedah plastik memiliki jenis sub spesialisasi?

Profesi bedah plastik ada juga yang khusus menangani kasus kerusakan berat pada jaringan tubuh dan kulit akibat luka bakar yang serius.

Ada pula dokter bedah plastik yang khusus menangani luka dan perbaikan jaringan tubuh pasca operasi pengangkatan tumor dan kanker, misal prosedur rekonstruksi payudara pasca tindakan pengangkatan payudara.

Maksudnya dokter bedah plastik fokus melakukan tindakan bedah menggunakan alat bantu sebuah mikroskop khusus terhadap sistem saraf, termasuk juga pembuluh darah yang ukurannya kecil.

Jenis profesi bedah plastik ini berpikir pada rekonstruksi fungsi dan bentuk jaringan organ seksual perempuan. Contohnya rekonstruksi bentuk labia yang asimetris, vaginoplasti, dan rekonstruksi selaput dara.

Maksudnya dokter bedah plastik yang spesialisnya bedah wajah. Berpikir pada rekonstruksi kelainan bentuk wajah akibat cacat sejak lahir atau kelainan kongenital. Selain itu, spesialis jenis ini juga memiliki keahlian dalam perbaikan bentuk kepala, tengkorak, wajah, leher, rahang, juga struktur wajah.

Apakah kamu pernah mendengar fakta tentang ini? Profesi spesialis ini berfokus pada pembedahan tangan, dimana tujuannya untuk mengembalikan fungsi tangan dan jari seperti sedia kala. Kondisi lainnya yang membutuhkan bedah tangan diantaranya luka infeksi, cedera, penyakit rematik, cacat sejak lahir pada tangan, dan lain sebagainya.

Spesialis bedah plastik yang khusus menangani tindakan pembedahan di area tertentu agar dapat terlihat lebih menarik, contohnya mempercantik kelopak mata, hidung, dagu, peremajaan kulit, perbaikan payudara, dan alis mata.

Kondisi seperti apa yang membutuhkan dokter bedah plastik? Umumnya, ada beberapa kondisi media tertentu yang membutuhkan penanganan bedah plastik diantaranya muncul bekas luka yang mempengaruhi fungsi tubuh atau penampilan, luka bakar yang berat, kelainan bawaan sejak lahir, semisal bibir sumbing, cedera fisik yang disebabkan oleh bagian tubuh yang cacat dan rusak, penyakit kanker (kanker kulit dan payudara), dan bagian tubuh yang rusak akibat pengangkatan jaringan kanker,

Nah, apakah kini kamu sudah mengenal dokter spesialis bedah plastik? Atau kamu masih ingin tahu lebih lanjut dan mencari informasi lainnya tentang operasi plastik? Atau mungkin juga, kondisimu salah satunya telah disebutkan di atas dan membutuhkan penanganan bedah plastik? Jangan khawatir, karena kamu bisa langsung menemui dokter bedah plastik di D Elegance Clinic, dokter bedah plastik yang berpengalaman menangani lebih dari 1500 pasien rhinoplasty dan blepharoplasty, juga merupakan dokter lulusan dari Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, yaitu UI & UNAIR.

WA Delegance Clinic