Yuk Kenali Jenis-jenis Sedot Lemak

Yuk Kenali Jenis-jenis Sedot Lemak

Sebenarnya, ada berapa jenis sedot lemak sih? Tapi tunggu dulu, apa sih sedot lemak itu? Dan apa saja manfaatnya ya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Tahukah kamu bila sedot lemak menjadi salah satu pilihan sebagian orang dijala olahraga dan diet tidak lagi efektif untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Nah, sampai sini kamu pasti sudah tahu ya apa manfaat sedot lemak itu sendiri?

Benar, sedot lemak atau lebih dikenal dengan sebutan liposuction ini bermanfaat untuk memperbaiki bentuk tubuh di area bokong, pinggul, perut, paha, betis, punggung, atau lainnya. Namun, kamu perlu tahu bila sedot lemak tidak bisa menghilangkan selulit dan stretch marks, tetapi hanya bisa menghilangkan lemak tubuh saja. Selain itu, sedot lemak juga bukan menjadi pilihan utama mengatasi obesitas.

Prosedurnya dilakukan dengan membuat sayatan kecil di area tubuh tertentu untuk dimasukkan tabung kecil dan alat tipis yang dihubungkan ke alat penyedot lemak. Akan tetapi, sebelum itu perlu dilakukan proses pembiusan terlebih dahulu yang disesuaikan dengan teknik sedot lemak itu sendiri.

Jenis Sedot Lemak

Sebelum kamu memutuskan untuk menjalani sedot lemak, kamu perlu tahu beberapa macam sedot lemak yang biasanya akan direkomendasikan oleh dokter yang akan menanganimu. Teknik sedot lemak tersebut diantaranya:

Teknik sedot lemak ini paling umum digunakan. Prosesnya dilakukan dengan penyuntikan cairan steril yang memiliki kandungan air garam, obat untuk mempersempit pembuluh darah, obat bius lokal di area tubuh yang menjadi tujuan prosedur sedot lemak. Kemudian, dokter akan melakukan penyayatan di area tertentu dan dilanjutkan proses penyedotan lemak.

Teknik sedot lemak ini menggunakan laser yang memiliki kekuatan tinggi yang bertugas melarutkan dan menghancurkan  lemak dimana lemak tersebut akan digedor dan dibuang menggunakan alat berupa selang yang terhubung dengan mesin penyedot lemak.

Teknik sedot lemak ini menggunakan mesin khusus yang menggunakan gelombang suara di area bawah kulit yang bertugas mencairkan dinding lemak pada area perut bagian atas dan samping, bokong, payudara, lengan, serta kaki.

Risiko dan Komplikasi Sedot Lemak

Apakah ada risiko dan komplikasi yang muncul pasca tindakan? Sebenarnya, tidak hanya prosedur liposuction saja yang memiliki risiko dan komplikasi, tapi hampir semua tindakan memiliki hal tersebut. Namun, risiko dan komplikasi kemungkinan akan muncul, tetapi kamu bisa meminimalisir kemungkinan hal tersebut dengan mempercayakan proses sedot lemak dengan dokter yang berkompeten dimana memang ahli dan juga berpengalaman. Selai itu, keberhasilan tindakan juga didukung oleh peralatan medis yang memadai sehingga aman dilakukan. Namun, ada beberapa kondisi atau keluhan pasca tindakan yang akan muncul, seperti merasa nyeri, memar, mati rasa, dan membengkak.

Nah, apabila kamu menjalani operasi dengan dokter yang berpengalaman, dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan juga antibiotik untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi dan akan menjelaskan bila pembengkakan akan mulai pulih dalam beberapa minggu. Selain itu, ada juga kemungkinan munculnya komplikasi, meliputi pendarahan, reaksi alergi terhadap obat bius, infeksi, dan lain sebagainya.

Bagimana mendapatkan hasil yang maksimal dari sedot lemak?

Setelah Anda melakukan sedot lemak, penting untuk tetap menjalani pola makan sehat dan rutin berolahraga. Dengarkan tubuh Anda, hindari latihan kardio berat selama beberapa minggu setelah operasi, dan Anda akan bisa kembali ke gym dalam waktu sekitar satu bulan setelah melakukan sedot lemak. Bekerjasamalah dengan dokter Anda untuk membuat rencana makan sehat yang akan membantu Anda menghindari penambahan sel lemak baru dan menciptakan ketidakharmonisan setelah Anda melakukan pembentukan tubuh.

Bagaimana Cara Memilih Jenis Sedot Lemak yang Tepat

Demikian penjelasan tentang jenis sedot lemak. Apabila kamu memiliki masalah yang sama seperti ingin membentuk bentuk tubuh yang ideal, kamu bisa mempertimbangkan sedot lemak sebagai salah satu prosedur kecantikan mengatasi masalah. Kamu bisa memilih jenis sedot lemak yang tepat. Konsultasikan langsung dengan dokter bedah plastik mengenai jenis sedot lemak yang tepat untuk kamu.

Bila kamu ingin ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman lebih dari 10 tahun dan memiliki sertifikat training di Asia dan Eropa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa kunjungi D’Elegance Clinic.

Artikel ini sudah di review:

dr. Hendri Andreas Sp.BP-RE

WA Delegance Clinic