Wajib Tahu! Pantangan Setelah Operasi Kelopak Mata - D'elegance Clinic

Wajib Tahu! Pantangan Setelah Operasi Kelopak Mata

Wajib Tahu! Pantangan Setelah Operasi Kelopak Mata

Wajib Tahu! Pantangan Setelah Operasi Kelopak Mata. Apakah kamu baru saja melakukan tindakan operasi kelopak mata dan baru saja tahu bila ada pantangan sesudah operasi kelopak mata? Atau baru saja ingin memutuskan untuk melakukan operasi kelopak mata dan baru tahu bila ada pantangan pasca tindakan? Loh, memangnya ada pantangannya ya? Bukannya pasca operasi hanya butuh istirahat saja? No.! Ada beberapa pantangan atau larangan pasca tindakan operasi kelopak mata loh!

Pasca operasi dilakukan, biasanya kamu akan merasakan sakit di area sekitar kelopak mata. Bahkan, adanya kemungkinan kamu mengalami pembengkakan dan memar pada sekitar mata, juga mata yang berair, kaburnya penglihatan, dan mata akan menjadi sensitif terhadap cahaya.

Kondisi tersebut biasanya terjadi selama 1 – 2 minggu pasca tindakan operasi. Kemudian, kamu akan bisa melihat secara normal dan kembali beraktivitas normal.

Lalu, apa saja sih pantangan tersebut? Apakah sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama? Simak penjelasannya di bawah ini!

Kamu Wajib Tahu!  Ini Pantangan Sesudah Operasi Kelopak Mata

Sama seperti tindakan operasi pada umumnya, operasi kelopak mata juga memiliki pantangan pasca tindakan medis. Pantangan ini difungsikan agar tidak terjadi komplikasi yang serius pasca tindakan, sekaligus mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan ekspektasi.

Berikut beberapa pantangan yang harus kamu hindari pasca operasi kelopak mata :

Hindari mengonsumsi alkohol dan merokok selama kurang lebih enam minggu pasca operasi;

Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat. Aktivitas tersebut diantaranya olahraga dan beberapa tindakan yang memiliki kemungkinan untuk tidak dilakukan selama enam minggu;

Hindari aktivitas renang;

Perhatikan posisi tubuh ketika tidur! Sebaiknya, ketika tidur posisi tubuh bagian atas sedikit lebih tinggi dan lutut yang agak tertekuk. Kamu bisa mengganjal punggung dan bagian belakang lutut;

Jangan lupa untuk konsumsi air putih yang cukup dan sayur, buah, serta protein;

Hindari menggosok area mata dan menggunakan lensa mata, karena ini sangat berdampak pada area mata yang baru saja dioperasi;

Hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan kaca mata hitam untuk melindungi area mata;

Hindari mengonsumsi obat dan suplemen makanan yang ada kaitannya dengan peningkatan darah;

Jangan sembarangan ketika membersihkan kelopak mata! Lakukanlah secara perlahan dan menggunakan salep atau obat tetes mata yang sudah diresepkan dokter;

Lakukan kompres mata dengan kompres mata sebagai langkah tepat untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak;

Langkah tepat bila merasakan nyeri, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Biasanya dokter akan menyarankan beberapa obat pereda nyeri, seperti ibu profen, celecoxib, dan ketorolac.

Apabila terjadi pembengkakan di area luka atau keluar nanah berkelanjutan atau parah, konsultasikan ke dokter yang menangani kamu. Ingat, jangan lakukan hal apa pun tanpa anjuran dokter!

Demikian penjelasan tentang pantangan sesudah operasi kelopak mata. Lebih jelasnya kamu bisa langsung tanyakan kepada dokter yang menangani operasi kelopak mata kamu, karena biasanya ada beberapa orang dalam kondisi tertentu memiliki pantangan yang berbeda. Atau setelah mengetahui tentang pantangan operasi kelopak mata, kamu memutuskan untuk melakukan operasi kelopak mata. Tenang, kamu bisa mengunjungi D Elegance Clinic yang berada di Jakarta untuk melakukan tindakan medis ini. Disana kamu akan ditangani langsung oleh dokter yang  berpengalaman lebih dari 10 tahun dan merupakan dokter lulusan Universitas terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga.