Perut Buncit Enggak Banget, Inilah Beberapa Penyebab Perut Buncit!

Perut Buncit Enggak Banget, Inilah Beberapa Penyebab Perut Buncit!

Penyebab perut buncit itu apa saja sih? Merasa kurang percaya diri memiliki perut yang buncit? Tidak memandang perempuan atau laki-laki, tetap saja dapat menurunkan rasa percaya diri kita. Ditambah lagi dengan fakta bahwa orang yang memiliki perut buncit lebih berisiko mengidap penyakit diabetes dan jantung. Jadi, apa saja yang menyebabkan perut menjadi buncit?

Penyebab Perut Buncit

Perut buncit ditandai dengan kondisi perut yang tampak besar. Biasanya terjadi karena jaringan lemak yang menumpuk di perut. Selain itu, perut buncit juga disebabkan oleh kondisi medis tertentu dimana dalam proses penanganannya disesuaikan dengan penyebabnya. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja hal yang menyebabkan perut menjadi buncit.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan perut buncit:

Seperti apa yang sudah disebutkan di atas, perut yang buncit disebabkan oleh lemak yang menumpuk di area perut. Lemak yang menumpuk tersebut membuat perut tampak lebih besar. Nah, biasanya perut buncit ini tidak hanya terjadi pada perempuan saja, tetapi juga terjadi pada laki-laki. Biasanya laki-laki dewasa lebih sering mengalami perut buncit bila dibandingkan dengan perempuan.

Menumpuknya lemak di area tersebut terjadi karena kita jarang melakukan olahraga. Selain itu, mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Misalnya makanan yang mengandung gula, lemak, dan tinggi lemak. Tak hanya itu, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat menyebabkan lemak menumpuk di area perut.

Sering kan kita lihat orang yang habis melahirkan, perutnya tampak buncit. Hal ini karena saat hamil, rahim yang ada di perut bagian bawah membesar karena di dalamnya ada janin. Ukuran rahim ini akan mulai membesar hingga sebesar buah semangka. Namun, perut yang membesar setelah melahirkan itu memang terjadi secara alami. Nah apabila kamu ingin mengatasi perut yang buncit pasca melahirkan, maka bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kalau perutmu buncit, bisa jadi karena gas menumpuk di dalam perut. Gas yang menumpuk secara berlebihan di dalam perut bisa menyebabkan perut menjadi lebih penuh dan membesar. Mengapa perut bisa memiliki gas yang menumpuk? Karena adanya gangguan pencernaan, seperti intoleransi makanan atau sindrom iritasi pada usus besar.

Selain beberapa sebab di atas, perut yang buncit juga bisa terjadi karena mengalami konstipasi dimana kondisi feses tidak bisa keluar dari tubuh dan tertahan di dalam usus besar. Nah, kalau konstipasi ini terjadi cukup lama, maka perut akan terasa nyeri, tegang, dan tampak membuncit.

Perut yang buncit bisa juga disebabkan karena asites. Asites adalah sebuah kondisi dimana terjadinya penimbunan cairan pada organ yang berada di dalam perut. Apabila cairan tersebut menumpuk semakin banyak, maka dapat menyebabkan perut terasa keras dan membesar. Umumnya asites ini terjadi karena sirosis atau kwasiorkor dimana mengalami malnutrisi berat sebab kekurangan protein.

Organ perut yang membesar cukup parah, misalnya limpa atau hati dapat menyebabkan perut buncit. Organ hati yang membesar terjadi karena mengalami perlemakkan hati, infeksi, dan kerusakan saluran empedu. Selain itu, bisa juga karena penyakit liver, infeksi mononukleosis, dan gangguan darah.

Itulah beberapa penyebab perut buncit. Untuk informasi lebih lanjut atau beberapa solusi mengatasi perut buncit, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter di D Elegance Clinic.

WA Delegance Clinic