Pasca Operasi Kelopak Mata, Lakukan Hal ini!

Pasca Operasi Kelopak Mata, Apa Yang Harus Dilakukan

Pasca operasi kelopak mata, apa yang harus dilakukan? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan ketika seseorang ingin menjalani operasi kelopak mata. Operasi kelopak mata itu beragam, akan tetapi kita operasi kelopak mata yang dibahas yang dilakukan untuk mengatasi kelopak mata yang mulai mengendur seiring bertambahnya usia. Mengendurnya kelopak mata bagi sebagian orang dapat mengganggu penampilan, atau bisa juga menghalangi pandangan kita.

Apa itu Operasi Kelopak Mata?

Apa itu operasi kelopak mata? Operasi kelopak mata atau disebut juga dengan blepharoplasty merupakan suatu tindakan bedah untuk mengatasi kulit yang kendur pada kelopak mata. Selain itu, operasi kelopak mata juga dilakukan untuk beberapa kondisi diantaranya kelopak mata yang mengalami kelainan, kelopak mata mengalami cedera, trikiasis, entropion, ektropion, ptosis, dan lainnya.

Pasca Operasi Kelopak Mata, Apa Yang Harus Dilakukan?

Setelah menjalani tindakan operasi kelopak mata, biasanya akan timbul rasa sakit pada area kelopak mata. Tak hanya itu, pada area mata akan mengalami memar dan pembengkakan, lalu masalah mata berair, sensitif akan cahaya, penglihatan yang kabur, dan lainnya. Meskipun begitu, kondisi tersebut setidaknya terjadi selama 1 – 2 minggu, setelah itu pasien bisa melakukan aktivitas lagi secara normal.

Setelah operasi, pasien akan dipindahkan ke ruang pemulihan dengan mata tertutup oleh perban untuk memulai proses pemantauan pascaoperasi guna mendeteksi kemungkinan komplikasi.

Bila efek bius mulai berkurang dan pasien merasakan nyeri, dokter biasanya akan memberikan obat pereda nyeri. Selain nyeri, pasien juga mungkin mengalami beberapa keluhan seperti:

Baca Juga: Mata Cantik dengan Blepharoplasty, Memangnya Bisa?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan selama masa pemulihan antara lain:

Jangan khawatir, biasanya dokter yang melakukan operasi kelopak mata akan menjelaskan secara detail beberapa hal yang perlu dilakukan selama masa pemulihan.

Berapa Lama Bekas Jahitan Pasca Operasi Mata Bisa Hilang?

Berapa lama bekas jahitan dari operasi lipatan mata akan menghilang? Meskipun prosedur blepharoplasty cenderung minimal, bekas luka baru membutuhkan waktu untuk sembuh sepenuhnya. Lama pemulihan dapat bervariasi tergantung pada jenis operasi yang dilakukan dan kondisi individu pasien. Secara umum, diperlukan waktu sekitar 10-12 minggu sejak operasi untuk bekas jahitan menghilang sepenuhnya.

Komplikasi Pasca Operasi Kelopak Mata

Apakah ada komplikasi dari tindakan operasi kelopak mata? Umumnya, pada operasi kelopak mata jarang terjadi. Akan tetapi, operasi kelopak mata jauh lebih berisiko bila dibandingkan dengan tindakan lainnya.

Pada operasi plastik biasanya menimbulkan beberapa komplikasi yang sifatnya sementara. Artinya masih bisa diatasi melalui pengobatan selama masa pemulihan. Beberapa komplikasi tersebut antara lain, mengalami kebas kulit sementara, kesulitan menutup mata, mata berair atau kering, kelopak mata bagian bawah bengkak, kaburnya penglihatan, dan lainnya.

Pasca operasi kelopak mata, apa yang harus dilakukan? Di atas sudah dijelaskan secara lengkap. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter bedah plastik di D’elegance Clinic. Mau Konsultasi dengan dokter? Klik disini!

Artikel ini sudah di review:

dr. Hendri Andreas Sp.BP-RE

WA Delegance Clinic