Menghilangkan Melasma Wajah dengan Treatment Kecantikan

Menghilangkan Flek Wajah dengan Treatment Kecantikan

Menghilangkan melasma wajah dengan Treatment Kecantikan. Merasa kurang percaya diri karena memiliki melasma di wajah? Memangnya, apa sih melasma itu?

Menghilangkan melasma wajah dengan perawatan kecantikan dapat dilakukan melalui berbagai metode yang dirancang untuk mencerahkan bercak-bercak gelap dan memperbaiki penampilan kulit. Berikut adalah beberapa perawatan kecantikan yang umum digunakan untuk mengatasi melasma:

Apa itu Melasma Wajah?

Apa itu melasma? Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak-bercak coklat hingga abu-abu muncul pada wajah, terutama di area pipi, dahi, hidung, dan atas bibir. Melasma juga bisa muncul di area tubuh lain yang sering terpapar sinar matahari, seperti leher dan lengan.

Pengertian Melanin dan Hubungannya dengan Melasma

Melasma berhubungan dengan melanin. Melanin adalah pigmen alami yang memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata. Melanin diproduksi oleh sel-sel khusus yang disebut melanosit yang terdapat di lapisan epidermis kulit. Lalu apa hubungannya?

Lalu apa hubungannya? Artinya, area kulit yang memiliki melanin  dalam jumlah banyak akan memiliki warna cenderung gelap bila dibandingkan dengan kulit pada area sekitarnya. Hal ini yang membuatnya tampak seperti bintik atau yang kita sebut sebagai melasma.

Melasma disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di area tertentu pada kulit. Faktor-faktor seperti paparan sinar matahari dan perubahan hormonal meningkatkan aktivitas melanosit, menghasilkan lebih banyak melanin dan menyebabkan bercak gelap yang terlihat pada melasma.

Jenis Melanin

  1. Eumelanin: Pigmen yang memberikan warna coklat hingga hitam pada kulit dan rambut. Terdapat dua subtipe, yaitu brown eumelanin dan black eumelanin.
  2. Pheomelanin: Pigmen yang memberikan warna kuning hingga merah. Pheomelanin lebih banyak ditemukan pada orang dengan warna rambut merah.

Fungsi Melanin

  1. Perlindungan dari Sinar UV: Melanin menyerap dan menyebarkan sinar ultraviolet (UV) dari matahari, melindungi sel-sel kulit dari kerusakan DNA yang dapat menyebabkan kanker kulit.
  2. Pigmentasi Kulit: Melanin menentukan warna kulit seseorang. Jumlah dan jenis melanin yang diproduksi oleh melanosit menentukan seberapa gelap atau terang kulit seseorang.

Penyebab Melasma Wajah

  1. Paparan Sinar Matahari: Ultraviolet (UV) dari matahari merangsang produksi melanin, yang bisa memperburuk melasma.
  2. Perubahan Hormon: Hormon estrogen dan progesteron bisa memicu melasma, terutama selama kehamilan (dikenal sebagai “mask of pregnancy”) atau saat menggunakan kontrasepsi hormonal atau terapi hormon.
  3. Genetika: Riwayat keluarga dengan melasma bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kondisi ini.
  4. Produk Perawatan Kulit: Beberapa produk perawatan kulit yang mengiritasi bisa memicu atau memperburuk melasma.

Jenis Flek Wajah (Melasma Wajah) yang Sering Dijumpai

Sebelum mengetahui cara menghilangkan flek wajah, ada baiklah kalau kita membahas tentang jenis flek pada wajah yang sering kali dijumpai yang dirangkum berdasarkan medicine net dimana terbagi atas empat jenis. Berikut penjelasan tentang flek pada wajah secara terperinci :

Merupakan salah satu dari sekian banyak flek pada wajah yang sering terjadi pada kulit seseorang, baik itu wanita maupun pria. Ditandai dengan bercak yang memiliki warna kecokelatan merata pada area wajah, khususnya pipi. Penyebabnya adalah paparan sinar UV dimana biasanya menyerang area dahi, pipi, atas bibir, dagu, serta wanita hamil. Flek ini memiliki sifat turunan.

Jenis flek ini sering kita jumpai pada orang yang memiliki kulit berwarna putih atau kulit terang. Flek ini muncul ketika usia anak-anak hingga usia dewasa. Ditandai dengan munculnya bintik dengan ukuran kecil dimana berwarna cokelat muda atau kuning yang tersebar di area wajah. Umumnya terjadi pada area hidung dan pipi.

Jenis flek pada wajah ini muncul akibat terjadinya peradangan pada area kulit sebelumnya. Seringnya, flek ini muncul seperti flek hitam pada wajah dimana disebabkan oleh bekas jerawat. Tidak hanya itu, flek ini juga muncul karena bekas eksem dan iritasi yang disebabkan oleh kosmetik yang digunakan kurang tepat.

Merupakan jenis tanda lahir yang ditandai dengan adanya bercak berbentuk datar pada area kulit, termasuk area wajah. Berwarna cokelat muda, seperti namanya “campuran kopi susu”, tetapi ada pula yang berwarna gelap dikarenakan paparan sinar matahari. Bintik ini memang tidak berbahaya, tapi dalam beberapa kasus, mungkin saja bisa menjadi tanda neurofibromatosis dimana adalah kelainan genetik karena adanya pertumbuhan sel yang terganggu, sehingga tumor akan tumbuh pada jaringan saraf.

Pencegahan dan Manajemen Melasma

  1. Menghindari Paparan Sinar Matahari: Menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi, memakai topi lebar, dan menghindari sinar matahari langsung terutama antara pukul 10 pagi dan 4 sore.
  2. Menghindari Pemicu Hormon: Jika memungkinkan, menghindari atau mengelola penggunaan kontrasepsi hormonal atau terapi hormon yang dapat memicu melasma.
  3. Perawatan Kulit yang Lembut: Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak mengiritasi dan menjaga kelembaban kulit.

Klinik Kecantikan untuk Menghilangkan Melasma

Apabila kamu memiliki keinginan untuk menghilangkan flek wajah, kamu bisa melindungi diri dengan menggunakan tabir surya SPF 30 – 50, menghindari aktivitas fisik yang akan terpapar secara langsung dengan sinar matahari, serta menggunakan pelindung tubuh ketika di luar ruangan. Atau kamu juga bisa melakukan  treatment kecantikan di D Elegance Clinic untuk menghilangkan atau mengurangi flek wajah yang muncul karena faktor genetik.

D’Elegance Clinic berada di daerah Tebet, Jakarta ini memberikan beberapa pilihan yang bisa dipilih untuk menghilangkan flek yang tidak bisa diobati dengan obat, sehingga menggunakan treatment tertentu, diantaranya peeling, light heat energy (LHE), mikrodermabrasi, atau cell activator & recuprator (CAR) yang dilakukan oleh ahli kesehatan yang berpengalaman.

Mau konsultasi melasma? Klik link konsultasi disini sekarang!

Artikel ini sudah di review:
dr. Malvin Jonathan

WA Delegance Clinic