Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh banyak orang, terutama mereka yang sedang ingin menghilangkan komedo.

Apa itu komedo? Komedo adalah sebuah benjolan kecil yang biasanya muncul di pori kulit, misalnya berada di area hidung atau area kulit sekitarnya. Komedo yang muncul di wajah kerap kali mengganggu penampilan. Tak hanya karena itu, komedo juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan timbulnya jerawat dengan ukuran yang lumayan besar.

Nah, kira-kira cara apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo di wajah? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Adakah cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah komedo di wajah? Jawabannya tentu saja ada. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah komedo:

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah membersihkan wajah secara rutin. Setidaknya lakukan ketika bangun tidur dan malam hari setelah menjalani aktivitas. Manfaatnya untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menempel, sekaligus bakteri. Selain itu, membersihkan wajah secara rutin juga dapat mengatasi masalah kulit kusam. Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit agar tidak terjadi iritasi dan muncul jerawat.

Nah, walaupun sebaiknya kita membersihkan wajah secara rutin. Namun, jangan melakukannya terlalu sering, karena dapat membuat lapisan kulit menjadi tipis dan menyebabkan produksi minyak alami meningkat sehingga menumpuk pada pori-pori dan menyebabkan komedo semakin banyak.

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan ialah uap air hangat. Cara ini cukup efektif, karena uap air dapat membuka pori-pori kulit sehingga komedo lebih mudah terangkat ketika membersihkan wajah. Caranya pun hanya dengan menyiapkan air hangat di dalam sebuah wadah, lalu dekatkan ke wajah kurang lebih selama 5 – 10 menit.

Oatmeal memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan, termasuk juga kulit. Kandungan saponin pada oatmeal bermanfaat sebagai anti mikroba dan dapat membersihkan wajah. Sangat cocok digunakan untuk masker wajah untuk menghilangkan komedo, khususnya di area hidung.

Selain itu, ada pula kandungan zink di dalamnya yang dapat mengurangi radang dan melawan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Akan tetapi, perhatikan penggunaannya agar tidak menyebabkan iritasi kulit ketika terlalu sering menggunakannya.

Eksfoliasi wajah adalah suatu perawatan yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati. Biasanya digunakan untuk menghilangkan komedo di area dagu dan hidung. Selain itu, manfaatnya juga untuk mencerahkan kulit. Tetapi, pastikan menggunakan produk yang cocok untuk kulit, agar dapat menghindari terjadinya breakout atau masalah kulit yang lain.

Ada dua jenis eksfoliasi, yaitu physical dan chemical. Physical exfoliation adalah eksfoliasi yang menggunakan scrub. Tetapi, eksfoliasi jenis ini tidak cocok untuk jenis kulit sensitif. Lakukan maksimal 1 – 2 kali dalam seminggu, dan jangan lupa menggunakan pelembab supaya mencegah terjadinya iritasi.

Selanjutnya chemical exfoliation dimana penggunaannya menggunakan bahan kimia seperti BHA, AHA, dan PHA untuk mengangkat sel kulit mati, serta mencegah minyak berlebih, dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Setidaknya lakukan seminggu sekali atau sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan, karena dapat menyebabkan iritasi bila terlalu sering dilakukan.

Nah itu beberapa cara menghilangkan komedo secara alami. Untuk informasi lebih lanjut atau konsultasi tentang masalah komedo, bisa langsung ke D Elegance Clinic.

WA Delegance Clinic