Cara Cegah Komedo Membandel

Cara Cegah Komedo Membandel

Bagaimana cara cegah komedo membandel? Kadang kala kita dibuat kesal oleh adanya komedo di wajah, walaupun tidak mengganggu tetapi cukup memengaruhi penampilan kita.

Umumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah komedo ini, mulai dari menggunakan sabun khusus membersihkan komedo sampai dengan menggunakan sikat kulit. Akan tetapi bagaimana kalau masalah komedo tersebut tidak kunjung sembuh juga? Ya, untuk itu kamu perlu melakukan konsultasi dengan dokter dermatologis untuk mengatasinya.

Apa sih itu komedo? Komedo atau dikenal juga dengan sebutan blackheads ialah bintik hitam yang umumnya muncul di area hidung dan sekitarnya. Walaupun terlihat sepele, komedo kadang membuat orang gemas sendiri, apalagi kalau ada dalam jumlah yang tidak sedikit, tentu saja akan mengurangi tasa kepercayaan diri seseorang. Nah, karena itu lah beberapa orang mulai mencari tahu tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah komedo ini.

Cara Cegah Komedo Membandel

Untuk mencegah komedo membandel di area sekitar wajah, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan diantaranya:

  1. Menggunakan produk skincare untuk mengangkat sel kulit mati seperti produk yang mengandung scrub atau masker untuk komedo
  2. Menggunakan produk skincare khusus untuk kulit berminyak dan yang bersifat komedogenik
  3. Menjaga kebersihan tangan dan kuku kamu  untuk menghindari berpindahnya kotoran dari tangan ke wajah kamu

Mengatasi Komedo

Apabila di atas dijelaskan tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya komedo, lalu bagaimana dengan kita yang ternyata sudah memiliki komedo? Bagaimana cara mengatasi komedo yang  mengganggu penampilan?

Cara pertama yang bisa dilakukan tentu saja menggunakan sabun khusus komedo. Penggunaan sabun tersebut biasanya tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Formula sabun pembersih komedo bermanfaat membuat komedo menjadi lunak sehingga dapat dengan mudah dibersihkan.

Atau bisa juga disebut dengan strip pori dapat ditemukan di banyak toko yang menjual perawatan wajah yang sering digunakan. Penggunaannya pun simpel hanya dengan menempelkan strip pori ke hidung selama beberapa menit, lalu mencabutnya dengan cepat, dengan begitu komedo akan terangkat. Akan tetapi kamu perlu hati-hati ketika melakukannya karena bisa saja lapisan epidermis kulit di area hidung bisa ikut terangkat.

Untuk mengatasi masalah komedo bisa menggunakan ekstraktor komedo. Ekstraktor sendiri merupakan sebuah alat kecil dimana fungsinya mencabut komedo yang muncul di permukaan kulit sekitar hidung. Caranya cuci wajah terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian dekatkan wajah ke baskom berisi air panas agar dapat membuka pori wajah sehingga komedo dapat dengan mudah diangkat. Setelahnya pencet permukaan kulit hidung yang terdapat komedo sampai komedo nya keluar. Lalu angkat komedo menggunakan ekstraktor. Terakhir oleskan penyegar wajah atau bisa juga menggunakan es batu yang ditempelkan ke hidung setelah mencabut komedo. Setelah menggunakan ekstraktor bersihkan dan jangan meminjamkannya kepada orang lain.

Apabila beberapa cara yang dijelaskan belum juga bisa mengatasi masalah komedo, kamu bisa langsung mengunjungi klinik kecantikan. Cara ini jauh lebih aman dan bersih. Prosedur yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah komedo antara lain laser dan dermabrasi. Akan tetapi prosedur tersebut menyebabkan muncul nya jaringan parut sehingga tindakan tersebut perlu dilakukan di klinik kecantikan yang terpercaya.

Itulah berbagai cara cegah komedo membandel. Untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi tentang komedo, bisa langsung mengunjungi D’Elegance Clinic

WA Delegance Clinic