Botox Rahang Bisa Buat Rahang Lebih Tegas?

Botox Rahang Bisa Buat Rahang Lebih Tegas

Botox rahang bisa membuat rahang tampak lebih v-shape dan juga tegas, benarkah? Siapa sih yang tidak ingin memiliki bentuk wajah yang lebih proporsional, terutama kaum perempuan yang tidak percaya diri dengan penampilan chubby. Nah, apakah benar botox bisa membuat wajah lebih proporsional? Yuk baca informasi lebih lengkapnya di bawah ini! 

Botox Rahang

Botox sendiri merupakan salah satu perawatan yang dilakukan dengan memasukkan suatu zat botilinum toxin ke dalam kulit. Zat tersebut akan membuat otot dan saraf berelaksasi sehingga area yang disuntik menjadi lebih proporsional, kalau rahang yang disuntik maka rahang akan tampak lebih tirus. 

Wow, jadi benar ya kalau botox pada area rahang dapat membuat rahang tampak lebih tegas. Namun, ada baiknya sebelum menjalani tindakan satu ini, ada baiknya kita melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu.

Dan dokter akan menanyakan tujuan pasien melakukan botox dan riwayat kesehatan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar dapat menekan risiko terjadinya efek samping setelah tindakan. Selain itu, dokter juga dapat dengan mudah menentukan area suntikan serta berapa jumlah zat yang dibutuhkan. Kemudian, hasilnya akan bisa dilihat setidaknya dalam waktu 3 – 4 hari kemudian. 

Baca juga: Apa Itu Suntik Botox Rahang? Ini Penjelasannya!

Mengapa harus Botox Rahang?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memilih Botox untuk rahang:

Merelaksasi Otot Rahang yang Terlalu Aktif: Botox bekerja dengan menghambat sinyal saraf yang mengontrol kontraksi otot, sehingga merelaksasi otot-otot rahang yang terlalu aktif atau berkontraksi berlebihan. Hal ini berguna untuk mengurangi ketegangan otot rahang yang berlebihan, yang dapat menyebabkan masalah seperti bruxism (menggertakkan gigi) atau ketegangan rahang kronis.

Pengobatan Bruxism: Bruxism adalah kondisi di mana seseorang menggertakkan atau menggigit gigi secara tidak sadar, terutama saat tidur. Penggunaan Botox untuk rahang dapat membantu mengurangi kekuatan kontraksi otot rahang dan mengurangi gejala bruxism, seperti kerusakan gigi, sakit kepala, dan ketegangan otot rahang.

Mengurangi Ketegangan Rahang: Botox rahang dapat membantu mengurangi ketegangan otot rahang yang berlebihan, yang sering kali menjadi penyebab sakit kepala tension-type dan ketidaknyamanan rahang lainnya.

Merelaksasi Otot untuk Estetika: Selain manfaat fungsional, Botox untuk rahang juga dapat digunakan untuk merubah bentuk wajah dengan merelaksasi otot-otot rahang yang berkontribusi pada pembentukan wajah yang berbentuk kotak atau persegi. Dengan mengurangi kekuatan kontraksi otot rahang, Botox dapat memberikan penampilan wajah yang lebih oval atau V-shaped.

Penyempurnaan Kedutan dan Garis Halus: Botox untuk rahang juga dapat membantu mengurangi penampilan kedutan dan garis halus di sekitar rahang dan mulut, yang disebabkan oleh kontraksi otot yang berlebihan.

Manakah yang lebih baik botox rahang atau filler rahang?

Keputusan antara Botox rahang dan filler rahang tergantung pada masalah spesifik yang ingin Anda selesaikan, preferensi pribadi, dan rekomendasi dari dokter Anda. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Botox untuk Rahang:

Fungsi: Botox bekerja dengan merelaksasi otot-otot rahang, mengurangi aktivitas otot yang berkontribusi pada ketegangan rahang, bruxism, dan masalah lain yang berkaitan dengan kontraksi otot berlebihan.

Manfaat: Botox rahang dapat membantu mengurangi gejala bruxism, mengurangi ketegangan otot rahang, dan menghasilkan penampilan wajah yang lebih terlihat santai dan kurang tegang.

Hasil: Hasil dari Botox rahang biasanya mulai terlihat dalam beberapa hari setelah penyuntikan dan bertahan selama beberapa bulan.

Ketahanan: Efek Botox rahang bersifat sementara, dan pengulangan prosedur biasanya diperlukan setelah beberapa bulan untuk mempertahankan hasilnya.

Filler untuk Rahang:

Fungsi: Filler rahang, seperti asam hyaluronat, digunakan untuk menambahkan volume ke area rahang, menciptakan definisi dan bentuk yang lebih tegas.

Manfaat: Filler rahang dapat membantu meningkatkan kontur wajah, menyeimbangkan proporsi wajah, dan memberikan penampilan yang lebih tegas dan terdefinisi pada rahang.

Hasil: Hasil dari filler rahang biasanya terlihat secara instan setelah penyuntikan dan dapat bertahan antara 6 bulan hingga 2 tahun, tergantung pada jenis filler yang digunakan dan respon tubuh Anda.

Ketahanan: Filler rahang memiliki ketahanan yang lebih lama daripada Botox, tetapi hasilnya tidak permanen, dan perawatan berkala mungkin diperlukan untuk mempertahankan volume dan kontur yang diinginkan.

Dalam beberapa kasus, kombinasi Botox dan filler untuk rahang dapat memberikan hasil yang optimal. Misalnya, Botox dapat digunakan untuk merelaksasi otot-otot rahang yang berkontribusi pada bruxism dan ketegangan otot, sementara filler digunakan untuk menambahkan volume dan mendefinisikan kontur rahang. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan opsi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan estetika Anda.

Tertarik Untuk Botox Area Rahang?

Apakah setelah mengetahui beberapa informasi di atas, kamu tertarik untuk melakukan suntik botox? Tapi masih belum yakin karena belum tahu bagaimana prosedurnya? 

Umumnya, ada beberapa tahapan dalam prosedur suntik botox itu sendiri yaitu proses pembersihan pada area rahang terlebih dahulu supaya dapat mencegah risiko terjadinya infeksi kulit karena kotoran. Selanjutnya, anestesi diaplikasikan pada area rahang agar memberikan efek kebas dan mati rasa. Baru kemudian proses memasukkan cairan botox dilakukan pada beberapa titik di area rahang, menggunakan jarum tipis dengan ukuran yang kecil.

baca juga: Yuk Ketahui Beberapa Manfaat Botox!

Apakah suntik botox mahal? Umumnya harga suntik botox cukup bervariasi. Dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari jenis botox, klinik kecantikan, dan tujuan dari tindakan tersebut. Karena itu, cermatlah memilih klinik kecantikan yang bagus dengan dokter yang berpengalaman dan bersertifikasi. Dengan begitu hasil dari tindakan tersebut pun lebih maksimal dan tentunya aman. 

Nah itu loh penjelasan tentang botox rahang. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut dan tertarik untuk membuat rahang lebih tegas dengan melakukan botox, bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Yuk tampil percaya diri dengan perawatan di D’Elegance Clinic. Mau konsultasi dengan dokter? Klik link ini! Konsultasi now!

Artikel ini sudah di review:

dr. Hendri Andreas Sp.BP-RE

WA Delegance Clinic