Apa Sih Penyebab Wajah Terlihat Tua?

Apa Sih Penyebab Wajah Terlihat Tua

Apa sih penyebab wajah terlihat tua? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan, terutama bagi kita yang masih berusia muda tetapi tampak tua. Sebenarnya apa sih yang salah? Mengapa wajah bisa terlihat tua? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Penyebab Wajah Terlihat Tua

Faktanya, ada beberapa hal yang menyebabkan wajah kita terlihat tua. Umumnya, tiap orang memiliki proses penuaan yang berbeda-beda dan hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Banyak yang berpendapat bila wajah yang tampak tua karena memiliki beban pikiran yang berat. Ada benarnya, tetapi kesehatan pikiran juga perlu diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Dan sebaiknya kita menghindari menelan beberapa hal yang memicu terjadinya penuaan dini pada kulit.

Ada beberapa penyebab terjadinya penuaan dini antara lain:

Dehidrasi atau kekurangan cairan ini maksudnya lapisan epidermis tidak cukup memiliki cairan agar kulit tetap lembap dan menurunkan produksi minyak alami kulit. Hal ini menyebabkan kulit wajah tampak keriput dan terlihat lebih tua.

Seiring bertambahnya usia, wajah akan tampak tua. Hal ini karena usia yang bertambah menyebabkan berkurangnya produksi kolagen. Akibatnya kulit menjadi kering, keriput, dan tampak lebih tua. Biasanya dirasakan pada usia 25 tahun an ke atas.

Ketika kita sering menggunakan make up, wajah mungkin saja akan terlihat lebih tua. Hal ini karena make up mengandung suatu zat yang menyebabkan kulit menjadi kering. Ditambah lagi dengan make up yang tidak mengandung pelembab dan hasilnya matte, make up akan menyerap produksi minyak.

Eksfoliasi memang penting, tetapi apabila dilakukan terlalu sering pun tidak baik. Wajah akan tampak lebih tua, karena kandungan eksfoliator dapat menyebabkan kulit menjadi kering, lapisan kulit menjadi tipis, dan minyak alami pun ikut terangkat. Nah, ada baiknya melakukan eksfoliasi maksimal dua kali dalam seminggu. Bisa juga menggunakan seminggu sekali atau sebulan dua kali bila kulit terlalu kering.

Kebanyakan orang menjalani olahraga di waktu lengang saja, tetapi kenyataannya kita bisa melakukan olahraga setiap hari dengan intensitas yang rendah. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain bersepeda, lari, jalan kaki, atau yoga. Manfaat olahraga adalah untuk melancarkan peredaran darah juga meningkatkan hormon endorfin dimana membuat wajah menjadi lebih awet muda.

Lakukan Hal Ini Agar Tampil Awet Muda!

Lalu apa yang harus kita lakukan agar wajah tampak lebih awet muda? Tentunya hal ini menjadi impian hampir semua orang, tak terkecuali kaum pria. Karena tampil awet muda dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar mendapatkan wajah yang awet muda. Misalnya dengan menjalani perawatan kulit secara konsisten dan rutin. Dengan demikian kulit akan lebih lembap dan tampak awet muda.

Selain itu, sebaiknya kita banyak mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter dalam sehari untuk menghindari kulit mengalami dehidrasi. Kulit yang dehidrasi menyebabkan kulit tampak lebih tua. Jangan lupa untuk rajin berolahraga, banyak istirahat, mengonsumsi sayur dan buah yang bergizi, serta mengelola stres dengan baik.

Pada penggunaan perawatan wajah, bisa memilih produk perawatan wajah yang bermanfaat untuk anti aging dimana mengandung antioksidan, ceramide, hyaluronic acid, AHA, BHA, vitamin C, juga glycerin. Gunakan juga sunscreen saat pagi dan siang hari dan melakukan double cleansing ketika malam hari agar kulit wajah terjaga kebersihannya dan mempercepat regenerasi kulit.

Nah itulah beberapa penyebab wajah terlihat tua. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kecantikan di D Elegance Clinic.

WA Delegance Clinic