Apa Saja Pantangan Sesudah Operasi Hidung? Mengapa Harus Dilakukan?

Apa Saja Pantangan Sesudah Operasi Hidung Mengapa Harus Dilakukan

Ada beberapa pantangan sesudah operasi hidung yang harus kamu lakukan agar hasilnya lebih maksimal dan sesuai dengan ekspektasi. Kira-kira apa saja pantangannya?

Beberapa orang, khususnya perempuan yang pernah melakukan operasi hidung, selama masa penyembuhan mereka dilarang menyantap makanan yang pedas dan juga minum alkohol. Dokter kecantikan mengatakan bila hal ini mencegah terjadinya pembengkakan di area wajah dan dapat cepat pulih.

Ada pula yang mengatakan bila sehabis operasi hidung tidak diperbolehkan untuk mencuci rambut. Pantangan lainnya, tidak diperbolehkan untuk melakukan olahraga selama masa pemulihan. Lalu, benarkah pantangan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Saja Pantangan Sesudah Operasi Hidung?

Operasi hidung atau rhinoplasty merupakan prosedur bedah yang dilakukan guna mengubah bentuk hidung atau rekonstruksi fungsinya. Mengubah bentuk hidung disini dilakukan untuk tujuan memperindah penampilan atau estetika. Dan rekonstruksi fungsi dilakukan untuk tujuan memperbaiki masalah pernapasan atau kerusakan hidung akibat cedera atau cacat lahir.

Prosedur operasi hidung dilakukan kurang lebih selama satu hingga dua jam dimana tergantung pada kesulitan operasi. Memiliki risiko sama seperti operasi lainnya. Risiko tersebut antara lain : terjadinya pendarahan akibat anestesi, adanya kemungkinan sulit bernapas, mimisan, hidung terasa kebal, hidung yang kurang simetris, dan munculnya jaringan parut.

Namun, satu hal yang perlu kamu ingat, pastikan melalukan operasi hidung di klinik kecantikan yang memiliki kualifikasi baik. Carilah klinik kecantikan yang memiliki dokter berpengalaman, memiliki sertifikat training, dan alat medis yang canggih. Dokter biasanya akan mendampingi pasiennya sampai pada tahap pemulihan, bahkan ada pula dokter yang memberikan dokter pasca operasi dan mengingatkan pasiennya untuk kunjungan berikutnya.

Nah, bila kamu merasa hidung masih kurang simetris, jangan sampai melakukan revisi kala masa pemulihan! Proses revisi operasi hidung dilakukan kala hidung sudah betul-betul sembuh, kurang lebih selama satu tahun untuk bisa melakukan operasi revisi hidung.

Setelah melalukan operasi hidung, biasanya dokter akan memasangkan pelindung hidung selama satu minggu, fungsinya untuk membantu hidung yang baru saja dioperasi tersebut tetap terjaga sampai luka operasi sembuh.

Ada kemungkinan terjadinya pembengkakan dan memar di area sekitar mata yang nantinya akan membaik setelahnya. Maka dari itu, pasien sebaiknya beristirahat dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada. Dan kamu bisa melihat hasilnya setelah benar-benar sembuh.

Sebaiknya kamu harus menghindari melakukan aktivitas berat selama enam minggu pasca operasi. Aktivitas berat tersebut meliputi berenang dan berlari. Dan juga disarankan untuk tidak membuat ekspresi wajah yang berlebihan dan membutuhkan banyak gerakan, misalnya tersenyum dan tertawa.

Hindari juga menggunakan kacamata. Hal ini karena penggunaan kacamata akan mempengaruhi bentuk hidung yang baru saja dioperasi. Bisa saja hidung akan sedikit berbeda dari ekspektasi, karena menggunakan kacamata yang biasanya digunakan di pangkal hidung.

Prosedur operasi hidung memang mudah, tetapi membutuhkan masa pemulihan yang cukup lama, sehingga selama masa pemulihan kamu perlu melakukan pantangan sesudah operasi sesuai dengan yang dikatakan dokter yang menangani kamu agar masa pemulihan berlangsung lebih cepat, meminimalkan komplikasi, serta mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi.

Jadi bagaimana, apa kamu sudah yakin ingin menjalani operasi hidung setelah mengetahui pantangan sesudah operasi hidung? Apabila kamu ingin melalukan operasi hidung yang aman dan terpercaya, kamu bisa langsung kunjungi D’Elegance Clinic. Berada di daerah Tebet, Jakarta, klinik kecantikan ini memiliki dokter dari lulusan Universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga, juga berpengalaman selama lebih dari 10 tahun. D Elegance Clinic sudah menangani lebih dari 5000 kasus operasi estetik dan salah satunya adalah Ricky Cuaca. Konsultasi sekarang!

Artikel ini sudah di review:

dr. Hendri Andreas Sp.BP-RE

WA Delegance Clinic