Apa Itu Operasi Blepharoptosis?

Operasi Blepharoptosis

Apa itu operasi blepharoptosis atau kelopak mata yang terkulai, bisa juga disebut dengan ptosis kelopak mata. Jadi, blepharoptosis merupakan suatu kondisi medis dari sebagian kelopak mata bagian atas yang terkulai. Kemungkinan bisa terjadi pada dua mata atau cacat bawaan, bisa juga hanya memengaruhi satu mata.

Kondisi ini terjadi karena adanya cedera atau kelumpuhan di saraf atau otot area kelopak mata. Bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya trauma, radang, penuaan, dan masalah medis lainnya seperti stroke, kalazion, tembel, sakit kepala, atau penyalahgunaan obat-obatan tertentu. 

Apa Itu Operasi Blepharoptosis?

Apa itu operasi blepharoptosis? Di atas sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan blepharoptosis. Jadi, blepharoptosis dapat adalah suatu kondisi medis pada sebagian kelopak mata yang terkulai. Kondisi ini bisa muncul dalam bentuk yang ringan atau bisa juga menutup pupil sepenuhnya, bahkan iris dan bagian lainnya dimana membuat daya penglihatan terbatas. Umumnya, ada beberapa penyakit yang dikaitkan dengan kondisi satu ini diantaranya kalazion, sakit kepala, botulisme, diabetes, radang, mengalami pukulan, myasthenia gravis, penyakit syaraf dan otot, tembel, serta trauma. 

Bisakah Operasi Blepharoptosis Diobati? 

Bisakah blepharoptosis diobati? Pengobatan dilakukan dengan melakukan proses operasi ptosis kelopak mata, baik itu untuk tujuan mengatasi daya penglihatan yang terganggu ataupun meningkatkan penampilan. Operasi kelopak mata juga bisa mengatasi kantung mata yang berlebihan dimana dapat memengaruhi penampilan. Prosedurnya dilakukan oleh dokter di klinik kecantikan atau dokter mata yang berpengalaman sehingga meminimalisir munculnya risiko pasca tindakan. 

Umumnya, operasi kelopak mata atau blepharoplasty dilakukan untuk tujuan estetika dan juga terapi. Tujuan kecantikan atau estetika sudah jelas dilakukan bagi pasien yang mempunyai lipatan kelopak mata atau memiliki mata yang sipit dan ingin memperbaikinya. Sedangkan untuk tujuan terapi, biasanya dilakukan untuk pasien yang berusia lanjut dimana faktornya disebabkan oleh kulit area kelopak mata mulai mengendur sehingga kelopak mata turun bahkan sampai mengganggu penglihatan. 

Prosedur Operasi Blepharoptosis

Dan pada prosedurnya, blepharoplasty ini lebih mengutamakan fungsi mata agar tidak terganggu, karena hal tersebut adalah hal yang paling penting saat prosedurnya dilakukan. Sebelumnya dijelaskan bahwa ada salah satu tujuan operasi kelopak mata yaitu mengembalikan fungsi mata sehingga perlu diperhatikan dalam prosesnya agar tidak mengganggu fungsi mata itu sendiri. Nah, untuk tujuan estetika tentunya perlu dilakukan pemeriksaan mengenai efek yang kemungkinan besar timbul ketika tindakan berlangsung. Dokter sebaiknya menyampaikan sejak awal kemungkinan yang akan terjadi pasca tindakan secara jujur dan jelas agar pasien bisa memikirkan kembali dan membuat keputusan yang bijak, apakah ia siap menjalani operasi kelopak mata atau blepharoplasty dengan segala konsekuensinya sehingga tidak ada lagi pertanyaan dan keluhan. 

Kemudian dalam prosesnya, dokter akan menanyakan mengenai keluhan sehingga dokter dapat menyesuaikan keluhan dan juga masalah pada area kelopak mata. Dokter akan melakukan proses pengecekan, kantung mata bagian mana yang bermasalah, dan apa risikonya nanti. Contohnya, apabila masalah yang terjadi pada pasien itu kulit mata mulai mengendur, maka sebaiknya dilakukan perbaikan pada kulitnya. Lain cerita kalau terjadi keluhan atau gangguan pada keduanya, baik itu kulit ataupun bagian mata, maka perlu dilakukan tindakan secara bersamaan.

Nah itu lah penjelasan dari apa itu blepharoptosis. Apabila kamu mengalami kondisi medis yang sama dan ingin mengatasi permasalahan tersebut, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter D’elegance Clinic. Mau konsultasi dokter bedah plastik? Konsultasi sekarang!

Artikel ini sudah di review:

dr. Hendri Andreas Sp.BP-RE

WA Delegance Clinic