5 Manfaat Vitamin E untuk Kulit - D'elegance Clinic

5 Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

5 Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Apa saja manfaat vitamin E untuk kulit bila dilindungi secara rutin? Seperti yang kita tahu, vitamin E ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, jadi tentu saja manfaat vitamin E terhadap kulit sangatlah banyak.

Vitamin E sendiri merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak yang mempunyai banyak manfaat untuk kulit. Kamu bisa menemukan vitamin E ini dalam beberapa makanan dan sejumlah produk perawatan kulit.

Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Vitamin E memang dikenal dapat menjaga kesehatan tubuh manusia, Tapi lebih dari itu, ada beberapa manfaat vitamin E bagi kulit yang perlu kamu tahu, apa saja?

Vitamin E kaya akan antioksidan sehingga dipercaya efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang terbentuk dari sisa metabolisme tubuh dan paparan lingkungan yang buruk. Dan fungsi vitamin E disini melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya dimana memiliki potensi merusak kulit. Hal ini mencegah munculnya keriput dan bintik hitam. Namun, sebaiknya hindari melakukan aktivitas di bawah paparan sinar UV secara langsung, tapi bila terpaksa bisa menggunakan sunscreen atau tabir surya.

Hiperpigmentasi ialah bercak hitam yang muncul akibat bekas luka atau jerawat. Hiperpigmentasi ini terjadi akibat jumlah pigmen yang banyak melanin pada kulit dimana dipicu oleh hormon dan kondisi lain. Nah, disini manfaat vitamin E dapat menyamarkan hiperpigmentasi.

Kandungan antioksidan pada vitamin E dapat mempengaruhi proses sirkulasi darah sehingga kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

Umumnya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum dimana pori-pori mengeluarkan minyak alami. Bila jumlahnya seimbang, sebum bisa membantu menjaga kulit agar tidak menjadi kering.

Vitamin E dikatakan mampu mengobati bekas luka. Hal ini telah dibuktikan pada kasus anak-anak yang memiliki bekas luka pasca operasi dimana hasilnya menunjukkan tidak ada pertumbuhan keloid atau bekas luka di area operasi. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitasnya.

Dimana Kita Bisa Memperoleh Manfaat dari Vitamin E untuk Kulit?

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa merasakan manfaat vitamin E diantaranya :

Misalnya salmon dan jenis makanan laut lain, brokoli, bayam, sayuran hijau lainnya, biji-bijian, kacang-kacangan (biji bunga matahari, almond, dan hazelnut), serta minyak nanti (minyak kelapa dan zaitun).

Suplemen ini digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan harian akan vitamin E. Misalnya kamu mengonsumsi 15 mikrogram tiap hari untuk orang dewasa, akan tetapi masih belum cukup memenuhi asuhan vitamin E harian, penggunaan suplemen bisa menjadi pilihan. Ingat, lakukan konsultasi dengan dokter lebih dulu ya agar lebih jelas dosisnya dan pastinya akan diberikan rekomendasi suplemen yang sesuai.

Tahukah kamu bila sebagian skincare mengandung vitamin E. Misalnya saja, krim anti aging, krim mata, sunscreen, serum wajah, bahkan make up. Kandungan vitamin E dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit sehingga dapat meningkatkan kadar vitamin E yang tersimpan dalam kelenjar sebasea. Kemudian, tubuh akan memproduksi vitamin E melalui sebum yang keluar dari pori-pori.

Demikian penjelasan tentang manfaat vitamin E untuk kulit. Informasi selengkapnya bisa melakukan konsultasi dengan dokter di D Elegance Clinic. Dokter yang merupakan lulusan dari Universitas terbaik di Indonesia yaitu UI dan UNAIR, serta memiliki tempat yang nyaman untuk melakukan konsultasi.