5 Kesalahan yang Dapat Memicu Penuaan Dini Kulit

5 Kesalahan yang Dapat Memicu Penuaan Dini Kulit

Pernahkah kamu tanpa sadar melakukan kesalahan yang dapat memicu penuaan dini kulit? Penuaan dini dapat dialami oleh orang yang berusia dewasa dimana disebabkan oleh pertambahan usia, juga pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan tertentu. Pertambahan usia dapat membuat jaringan elastin dan kolagen pada kulit melemah sehingga elastisitas kulit wajah berkurang yang memunculkan tanda penuaan dini, diantaranya garis halus, keriput, pori wajah yang membesar, bintik hitam, kerutan di luar mata, pipi mengendur, kulit terasa kering dan terlihat kusam, muncul kerutan di sudut luar mata, dan lain sebagainya.

Tapi, apakah penuaan dini hanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut saja? Jawabannya adalah tidak pasti, karena penuaan dini juga dialami oleh orang yang usianya muda. Penuaan dini yang terjadi pada mereka yang berusia muda disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang dapat memicu penuaan dini.

Melihat kemungkinan tersebut, kamu mungkin khawatir bila akan merasakan hal yang sama, apalagi penuaan dini yang muncul ketika usianya masih muda. Kekhawatiran tersebut mungkin akan mulai mencari tahu tentang hal apa saja yang dapat memicu penuaan dini, setidaknya dengan begitu kamu bisa meminimalisir hal tersebut.

5 Kesalahan yang dapat Memicu Penuaan Kulit

Tahukah kamu bila sinar ultraviolet dapat merusak jaringan elastin pada kulit sehingga kulit menjadi mudah keriput sebelum waktunya. Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat kulit menjadi kusam dan dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Sinar matahari juga memicu munculnya bintik berwarna kecokelatan pada area tangan, wajah, dan area tubuh lain sehingga menjadi lebih tua. Kamu sebaiknya menggunakan tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, baik cuaca mendung atau panas.

Merokok tidak baik untuk kesehatan, termasuk juga memicu munculnya tanda penuaan dini. Rokok mengandung zat kimia yang berbahaya, misalnya tar, nikotin, dan karbon monoksida dimana menyebabkan kerusakan jaringan tubuh dan menghambat peredaran darah ke area wajah. Cara mengatasinya adalah dengan  mengurangi atau sebisa mungkin berhenti merokok.

Faktanya, minuman alkohol menyebabkan penuaan dini pada kulit dengan efek yang tidak jauh dari kebiasaan merokok yaitu rusaknya jaringan kulit karena efek radikal bebas. Ditambah lagi bila kamu sering terdapat sinar UV, stres berlebihan, dan memiliki pola makan yang tidak baik, maka efek akan semakin terlihat. Selain itu, kadar vitamin A, B3, C dalam tubuh dimana fungsinya sebagai antioksidan yang berperan dalam proses regenerasi, akan menurun karena mengonsumsi minuman beralkohol. Alangkah lebih baiknya kamu menghentikan mengonsumsi minuman beralkohol.

Pola makan berpengaruh terhadap kondisi kulit, beberapa makanan yang memicu penuaan dini diantaranya roti atau pasta, karbohidrat olahan, makanan yang mengandung terlalu gula dimana dapat merusak kolagen pada kulit. Nah, untuk itu kamu perlu membatasi konsumsi makanan tersebut, juga makanan lainnya seperti gorengan, makanan cepat saji, daging berlemak, dan sebaiknya perbanyak makanan yang kaya akan antioksidan, anggur, buah beri, kacang-kacangan, brokoli, teh hijau, dan biji-bijian utuh.

Sering begadang atau kurang tidur sangat berdampak pada kesehatan, termasuk memicu penuaan dini dan memiliki masalah pada kulit. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menjaga kulit agar tetap awet muda dengan melakukan perawatan kulit yang baik dengan mengunjungi klinik kecantikan.

Itulah beberapa kesalahan yang dapat memicu penuaan kulit. Kamu perlu memperhatikan hal tersebut untuk meminimalkan munculnya penuaan dini. Apabila kamu masih bingung dengan penjelasan di atas, tapi kamu ingin konsultasi dengan dokter kecantikan yang berpengalaman, kamu bisa melakukan konsultasi langsung ke D Elegance Clinic.

WA Delegance Clinic