Fat Grafting : Definisi, Keuntungan, dan Risiko - D'elegance Clinic

Fat Grafting : Definisi, Keuntungan, Dan Risiko

Fat Grafting Definisi, Keuntungan, dan Risiko

Fat Grafting : Definisi, Keuntungan, dan Risiko. Sering dengar tentang fat grafting  atau sedot lemak? Memangnya apa sih itu? Apakah tindakan  operasi yang berbahaya? Apa saja keuntungan menjalani tindakan ini, dan bagaimana dengan risikonya?

Sebelum kita membahas tentang fat grafting, ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab. Apakah kamu merasa kurang percaya diri memiliki tumpukan lemak yang berlebihan di bagian perut dan paha? Belum lagi dengan usaha kamu untuk memiliki tubuh ideal dengan melakukan olahraga. Lalu, apakah kamu pernah berpikir untuk memindahkan sedikit lemak tubuhmu ke bagian tertentu yang sepertinya kekurangan lemak? Nah, kamu bisa melakukan metode fat transfer atau transfer lemak ini.

Apa itu Fat Grafting atau Sedot Lemak?

Fat grafting atau sedot lemak disebut juga dengan metode transfer lemak ialah prosedur sedot lemak pada bagian tertentu dengan volume lemak tertentu yang dimasukkan ke dalam suatu alat khusus untuk diproses. Selanjutnya, lemak tersebut akan dimasukkan melalui jarum atau canula ke bagian yang diinginkan.

Prosedur ini dilakukan pada kondisi dimana kamu benar-benar membutuhkan tindakan operasi ini. Kondisi tersebut diantaranya untuk membentuk bagian payudara, bokong, atau bagian tubuh lainnya dalam volume yang lebih besar; menghilangkan kerutan atau pada area wajah yang bergelung (contohnya : area dahi); meremajakan kulit punggung tangan yang mengalami keriputan; serta meremajakan kulit wajah.

Fat grafting dilakukan langsung oleh dokter bedah plastik yang telah berpengalaman agar mendapatkan hasil akhir yang maksimal. Tindakan ini ternyata tidak hanya untuk kepentingan estetika saja, belakangan ini ditemukan manfaat dari transfer lemak dimana untuk mempercepat proses penyembuhan luka, juga melakukan perbaikan pada jaringan payudara pasca terapi radiasi. Karena tindakan operasi ini berisiko dan biaya yang cukup mahal, maka prosedur ini membutuhkan pertimbangan yang cukup matang

Keuntungan Metode Fat Grafting

Prosedurnya menggunakan lemak yang berasal dari tubuh kita sendiri, sehingga meminimalkan risiko terjadinya alergi bila dibandingkan dengan penggunaan implan atau bahan sintetis lainnya. Tidak hanya itu, dengan memilih fat grafting bila dibandingkan dengan pemasangan implan, bekas luka setelah operasi akan jauh lebih kecil.

Risiko Tindakan Fat Grafting

Seperti yang sudah dikatakan di atas, sedot lemak dikenai biaya yang cukup mahal. Selain itu, hasilnya pun terkadang tidak sesuai dengan yang diinginkan, karena penanaman sel lemak belum tentu akan hidup semua dimana tergantung pada nutrisi yang kamu dapatkan, juga kondisi kesehatan kamu.

Sebagai orang yang ingin melakukan sedot lemak, kamu harus tahu risiko yang mungkin akan terjadi ketika melakukan transfer lemak, dimana diantaranya :

  1. Mengalami infeksi pada bagian yang dilakukan sedot lemak,
  2. Merasakan nyeri dan pembengkakan pada bagian tubuh yang dilakukan sedot lemak,
  3. Muncul lebam pada bekas sedot lemak,
  4. Muncul emboli,
  5. Terjadinya robekan pada organ bagian dalam,
  6. Munculnya kalsifikasi lemak.

Setelah melihat risiko yang mungkin akan timbul pasca melakukan operasi, maka dari itu kamu perlu memikirkan secara matang untuk melakukan fat grafting. Kamu juga perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahli bedah plastik yang berpengalaman agar mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. Apabila kamu membutuhkan ahli bedah plastik yang akan dan terpercaya, serta profesional, kamu bisa memilih D Elegance Clinic yang berada di Tebet, Jakarta untuk berkonsultasi mengenai kondisi kamu yang akan melakukan  sedot lemak. D Elegance Clinic pastinya akan mencarikan jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan masalah kecantikan yang kamu alami.