Apakah Penyebab Munculnya Kantung Mata?

Apakah Penyebab Munculnya Kantung Mata

Apakah penyebab munculnya kantung mata sebenarnya? Apakah hanya karena kurang tidur, terus menerus bergadang? Jawabannya adalah tidak hanya faktor kurang tidur yang menyebabkan munculnya kantung mata. Akan tetapi ada faktor lain juga yang dapat memicu munculnya kantung mata.

Lalu, bagaimana ciri-ciri kantung mata itu sendiri? Seperti namanya, kantung mata terjadi pembengkakan ringan di bawah mata. Dan sebenarnya kondisi ini wajar terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut atau mereka yang memiliki jaringan yang semakin melemah pada jaringan di sekitar mata. Selain itu, munculnya kantung mata juga bisa disebabkan karena gaya hidup atau masalah kesehatan tertentu. Ciri dari kantung mata antara lain kulit tampak agak bengkak di bagian bawah mata, adanya lingkaran hitam di area mata, kulit di bagian bawah mata tampak kering atau kendur, dan lain sebagainya.

Apakah Penyebab Munculnya Kantung Mata

Banyak yang berpendapat bila munculnya kantung mata karena kurang tidur atau menangis yang berlebihan, tapi apakah semua ini benar? Atau ada faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya kantung mata?

Sebenarnya dua hal tersebut bisa menjadi faktor munculnya kantung mata. Karena hal tersebut yang merupakan kebiasaan sehari-hari dapat memengaruhi kondisi kulit dan mata. Jadi, apa saja faktor lain yang menyebabkan munculnya kantung mata?

Bisa memiliki kantung mata karena anggota keluarga juga memiliki kondisi yang sama. Biasanya, kantung mata sejak kecil dan menghilang ketika dewasa atau mungkin juga bertambah parah. Nah, untuk faktor genetik ini ada kaitannya dengan masalah kesehatan turunan, misalnya tiroid. Apabila ini terjadi, kamu perlu penanganan dari dokter untuk menyembuhkan penyakit tiroid.

Umumnya, melemahnya otot dan jaringan yang menopang kelopak mata seiring bertambahnya usia. Kantung mata akan muncul ketika lemak yang tugasnya menopang mata berpindah ke bagian bawah kelopak mata. Hal tersebut terjadi karena otot dan struktur jaringan di sekitar mata mulai melemah dan kulit juga akan mengendur. Selain itu, cairan yang ada di dekat mata juga berpindah dan mengumpul di kelopak mata sehingga tampak menggelap. Inilah alasan mengapa orang-orang yang berusia lanjut memiliki kantung mata.

Pigmen atau zat warna pada kulit memiliki fungsi mencegah terjadinya kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Jika mengenai paparan sinar matahari, mata akan menyebabkan hiperpigmentasi di kulit sekitar mata dan membuat area sekitar mata menjadi menggelap. Produksi pigmen juga dapat melonjak dan menumpuk di bawah mata sehingga memicu hiperpigmentasi. Untuk mencegah munculnya kantung mata, hindari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya.

Seperti waktu tidur berkurang, sering mengonsumsi makan junkfood, alkohol, merokok, stres. Kurangnya waktu tidur atau berlebihan akan menyebabkan munculnya lingkaran gelap di bagian bawah mata atau yang dikenal dengan nama mata panda. Kulit akan pucat sehingga pembuluh memiliki warna yang gelap dan memicu terjadinya penumpukan cairan yang menyebabkan kantung mata. Jadi, semakin kamu memiliki waktu tidur yang kurang, maka semakin terlihat pula lingkaran hitam di bawah mata.

Apakah penyebab munculnya kantung mata? Di atas sudah dijelaskan di atas dengan lengkap. Nah, untuk informasi lebih lengkap atau pertanyaan seputar rekomendasi perawatan yang bisa menghilangkan kantung mata, bisa langsung mengunjungi D Elegance Clinic.

WA Delegance Clinic